Kanwil Kemenag Sumbar Gelar Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan PKOH Tahun 2024

Bukittinggi, humas --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, H. Ramza Husmen secara resmi membuka kegiatan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan PKOH Tahun 2024 dan Perencanaan PKOH Tahun 2025 Tingkat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatrea Barat. Acara tersebut berlangsung di Balcone Hotel dan Resort, Bukittinggi. Selasa (27/08/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat selama tiga hari tanggal 25 s.d 27 Agustus 2024 yang diikuti 88 peserta yang terdiri dari Kasi PHU Kemenag Kabupaten/Kota, Kepala KUA, Pengelola Dana PKOH dan Staf PHU Kemenag Kantor Kanwil Kemenag Sumbar, yang juga dihadiri Para Ketua Tim, JFT dan JFU dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar dan undangan lainnya.

 

Dalam sambutan Kakanwil melalui Kabid PHU, H. Ramza Husmen mengatakan Ketertiban dalam pengelolaan pengeluaran dan pertanggungjawaban keuangan penyelenggaraan haji, merupakan satu komponen penting menentukan keberhasilan penyelenggaraan ibadah haji. Oleh karena itu, sudah seharusnya untuk menyelesaikan seluruh laporan keuangan kegiatan operasional penyelenggaraan haji 1445 H.

“Pelaksanaan Kegiatan dan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Operasional Haji Tahun 1445 H/2024 M tentu harus mengacu kepada Surat Edaran Dirjen PHU No. 3 Tahun 2024 untuk menjamin tata kelola pengelolaan keuangan operasional haji yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta sesuai ketentuan yang berlaku,” jelas H. Ramza.

 

Selain itu, H. Ramza juga menjelaskan bahwa Kegiatan Pendampingan penyusunan laporan keuangan PKOH Tahun 2024 dan Perencanaan PKOH Tahun 2025 sangat penting, karena secara prinsip tanggungjawab penyusunan anggaran merupakan tanggungjawab setiap satker agar juga mencermati dinamika kebijakan yang harus diterapkan oleh pemerintah dalam mendukung pencapaian sasaran prioritas pembangunan setiap tahun.

“Mari kita sama-sama belajar memperbaiki diri dalam penyusunan anggaran karena dalam melaksanakan anggaran menggunakan empat prinsip yaitu, efisien, akuntabel, transparansi dan dapat dipertanggungjawabkan. Tentu juga agar seluruh satker kabupaten/kota bisa merencanakan sasaran secara jelas dan formal guna menghindari kerancuan serta memberikan pengarahan yang jelas dalam upaya mencapai tujuan,” ucapnya.

Mengakhiri Sambutannya, Kakanwil berharap kegiatan ini sebagai wadah untuk semua pengelola keuangan haji di Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyamakan persepsi dan pandangan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan administrasi keuangan haji sehingga dapat tersusun laporan keuangan yang tertib dan transparan serta akuntabel. Kegiatan ini juga bertujuan memberikan informasi kepada pengelola terkait penataan laporan keuangan haji, meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan keuangan dan memberikan kemudahan dalam mengontrol anggaran keuangan haji.

“Kepada Bapak Ibu peserta agar proaktif dalam menanyakan problematika pengelolaan keuangan, carilah titik temu, adakah simpul-simpul yang harus kita pecahkan dan ikuti kegiatan ini dengan bersungguh - sungguh . Semoga Allah SWT memberikan jalan kemudahan kepada kita semua,” tutup H. Ramza Husmen.

Adapun sebagai Narasumber pada kegiatan ini, Teknis Penyusunan LKPKOPIH oleh Azmi, SE, MM, Program Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar dalam Penyelesaian Pelaporan Keuangan PKOH, H. Ramza Husmen, Kebijakan Kementerian Agama dalam Penyelenggaran Ibadah Haji oleh Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU, H. Suratman, Pendampingan Penyusunan LKPKOPIH dari Tim PKOH Pusat, Pendampingan Penyusunan RKA dari Tim Perencanaan PAOPAH dan Program Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar dalam mensukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji oleh Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar,  H. Mahyudin dan selain itu narasumber juga diadakan secara daring.

 

Kegiatan ini dapat menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mendorong peningkatan kinerja dalam setiap program yang dijalankan oleh Kementerian Agama di Sumatera Barat.

Pada kegiatan penutupan, ditutup oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatrea Barat, H. Mahyudin dan juga dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se- Sumatera Barat yang terlaksana dengan lancar dan sukses.


Editor: rzk
Fotografer: istimewa