Kanwil Kemenag Sumbar, Kolaborasi Persiapan Festifal Ramadhan Bersama LAZ

Kanwil Kemenag Sumbar, Kolaborasi Persiapan  Festifal Ramadhan Bersama LAZ

Padang, Humas -- Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian  Agama RI perihal Kolaborasi Festival Ramadhan 1445 H, serta untuk mengkoordinasikan program kolaborasi Kementerian Agama bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ),  Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa)  Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat mengadakan pertemuan dengan pimpinan LAZ se-Sumatera Barat.

Kegiatan  dilaksanakan pada hari Rabu (13/03/2024) bertemat di Aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar. Kegiatan di pimpin langsung oleh Kepala Bidang Penaiszawa, H. Yufrizal di dampingi oleh Ketua Tim Pemberdayaan Zakat, H. Alfajri dan dihadiri oleh empat belas pimpinan Lembaga Amil Zakat se-Sumatera Barat. 

Adapun ke empat belas LAZ tersebut adalah  LAZ Rumah Zakat Indonesia, LAZ Dewan Dakwah Islamiyah, LAZ Yayasan Kesejahteraan Madani, LAZ Al Azhar, LAZ Inisiatif Zakat Indonesia, LAZ Dompet Dhuafa Singgalang, LAZ Muhammadiyah, LAZ Darut Tauhid Peduli,LAZ Wahdah Islamiyah,LAZ Ar Risalah Charity,LAZ Rumah Yatim Ar Rohman, LAZ Perkumpulan Persatuan Islam, LAZ Sahabat Yatim dan LAZ Ashorulloh Peduli Negeri.

Mengawali penjelasan, Kabid Penaiszawa H. Yufrizal menyampaikan bahwa dalam rangka syiar dan semarak Ramadhan, Kementerian Agama RI akan mengadakan kegiatan yang dinamai " Festifal Ramadhan". Kegiatan akan diadakana secara serentak baik dalam bentuk luring atau daring se- Indonesia pada tanggal 22 Maret 2024 mendatang dalam bentuk penyerahan zakat secara serentak sebanyak 1 juta paket  oleh Kemenag RI, Kanwil, Kankemenag, BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kab/Kota, LAZNAS, LAZ Provinsi, LAZ KAB/Kota dan dicatat dalam MURI.

Kemudian Yufrizal melanjutkan,  "untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan inilah kita berkumpul hari ini, peran serta dari kita bersama sangat diharapkan", tuturnya.

Berdasarkan arahan, setip Kantor Wilayah Kementerian Agama akan memberikan sumbangsih berupa seribu paket zakat yang akan disalurkan serentak nantinya. Seribu paket tersebut di akan didapat dari kolaborasi bersama antara ASN Kanwil Kemenag Subar dan jajaran hingga LAZ yang ada di Sumatera Barat.

Karena ini adalah program Nasional maka sepatutnya kita bersama turut mendukung dan mensukseskannya, harap Yufrizal.

Menambahkan informasi terkait rencana kegiatan Festifal Ramadhan 1445 H tingkat provinsi Sumatera Barat, untuk mendukung  Festifal Ramadhan Nasional yakni tanggal 22 Maret 2024 mendatang maka akan disejalankan dgn kegiatan Pembinaan LAZ se Sumatera Barat.


"Disamping turut serta dalam Festifal Ramadhan Dirjen Bimas Islam ini, kami di Kanwil Kemenag Sumbar juga ada kegiatan full selama sebulan syiar Da'i Kebangsaan berupa ceramah agama yang di sampaikan oleh para Da'i yang tayang di televisi lokal yakni Padang TV dan knal youtube Kanwil Kemenag Sumbar", terangnya lagi.

Program lain Kementerian Agama RI untuk pendampingan umat Islam di daerah 3T ( Terluar, Terdepan dan Tertinggal) selama bulan Ramadhan ini adalah Kemenag menurunkan 500 orang  dai yang tersebar ke seluruh daerah 3T di Indonesia dan keluar negeri. Untuk Sumatera Barat mendapat lima orang dai yang telah bertugas kedaerah 3T Sumatera Barat yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak awal Maret lalu. 

Menanggapi informasi dan seruan yang disampaikan Yufrizal, para peserta rapat sepakat untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan Festival Ramadhan Tahun 1445 H, dan akan menyiapkan menyiapkan paket ramadhan senilai 150 ribu s.d 200 ribu yg akan diserahkan pada tanggal 22 Maret 2024 dan juga sekaligus menyiapkan mustahik yang akan menerima manfaat secara simbolis di tempat acara nanti. Selanjutnya penyerahan paket Ramadhan akan berlangsung hingga selesai dan setiap LAZ nantinya  menyampaikan data penyaluran paket ramadhan sesuai format yang akan dilaporkan ke tingkat  pusat.

Mengakhiri penyampaiannya Yufrizal juga mengatakan selanjutnya Kanwil Kemenag Sumbar juga akan berkoordinasi dengan BAZNAS provinsi Sumbar terkait dukungan kegiatan festival ramadhan tersebut. (Mira)

 


Editor: YMA
Fotografer: YMA