Kebakaran Landa PPTI AT TAQWA Canduang, Kerugian Mencapai 200 Juta

Padang (Humas)- Kebakaran yang melanda Asrama Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah At Taqwa Canduang, Agam berhasil dipadamkan dan tidak menimbulkan korban jiwa.
Menurut laporan salah seorang guru, Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah At-Taqwa, Canduang, Kabupaten Agam dilalap api, beserta 3 kelas di lantai satu terbakar, sekitar pukul 14.00 (26/01/24), usai shalat Jumat ditunaikan.

Kebakaran  dilaporkan terjadi di aula lantai dua dan kebakaran baru diketahui sekitar pukul 14.00 WIB. Diduga kebakaran terjadi disebabkan oleh adanya arus pendek atau korsleting.

Pemadam kebakaran datang memadamkan api sekira 10 sampai 15 menit berselang. Upaya pemadaman api yang dilakukan oleh para petugas damkar tidak hanya berhasil memadamkan api, tapi juga mencegah kebakaran yang sangat mungkin meluas ke kelas-kelas yang lain.

Peristiwa kebakaran ini menyebabkan ruang kelas kandas, yang tersisa hanya dinding tembok lantai 1 dan 2. Sementara lantai aula yang terbuat dari triplek beserta seluruh isinya, ludes terbakar. 

Kebakaran ini juga menyebabkan seluruh kursi dan meja belajar habis dilalap api, termasuk kursi-kursi dan meja-meja kelas lain. Dimana  pada malam sebelumnya, disinyalir karena ada kegiatan santri, semuanya ditumpuk di salah satu ruangan kelas yang terbakar, sehingga saat ini tidak tersisa satu pun.

Terpisah,  menurut Pimpinan pondok pesantren Akhyar Fuadi Katik Sampono setelah dikonfirmasi humas, Jumat (26/01/24) petang, total kerugian dari peristiwa kebakaran ini berkisar sebesar 200 juta rupiah.

Pihaknya mengaku membutuhkan uluran tangan dan kepedulian masyarakat atau pihak lainnya untuk menyalurkan bantuan. 

“Aula ludes semua terbakar dan dua ruang kelas hanya tinggal dinding, semua mobiler (peralatan kebutuhan belajar) semuanya habis terbakar,” ungkapnya.

Ia berharap banyak pihak yang bisa membantu, apapun yang bisa di donasikan. Baik itu dalam bentuk uang tunai, meja kursi belajar, buku dan kitab, papan tulis dan keperluan belajar lainnya.

Pihaknya menyebut pengumpulan donasi bencana kebakaran ini sudah dimulai sejak hari ini dan bisa di transfer melalui Bank BRI dengan nomor rekening 542801017515534 atas nama Endri Rais.


Menyikapi hal ini, mewakili Kakanwil Plt Kabid Papkis H Hendri Pani Dias menyampaikan ikut berduka atas musibah, yang terjadi di lingkungan ponpes Attaqwa Canduang. Ia mengajak stakeholder terkait, atau pihak lainnya untuk ikut bersama-sama membantu berdonasi meskipun sedikit.

Baik itu melalui forum komunikasi pondok pesantren kab/kota atau siapapun pihak yang terketuk pintu hatinya untuk turut serta berkontribusi mengumpulkan donasi.(vera)


Editor: -
Fotografer: -