Kelas VII dan VIII MTsN 1 Kota Pariaman Demo Pembuatan Detergen

Pariaman, Humas_Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatal Lil Alamin (P5RA) siswa Kelas VII dan VIII MTsN 1 Kota Pariaman. masuk pada tema kedua, yaitu berekayasa dan berteknologi dengan Sub Tema Pembuatan Sabun Cair (Detergen).

Sebelum praktik mandiri di kelas masing-masing, siswa melakukan demo pembuatan sabun cair tersebut bersama guru pendamping yang dilaksanakan pada hari Kamis (26/09/2024) di ruangan serba guna Madrasah. 

Kegiatan tersebut dilakukan setelah kegiatan senam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kegiatan demo ini dipandu Rudi Hortono, Guru Pendidikan Pancasila, yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Bidang Kesiswaan (Wakasis) selama 15 tahun. 

Bersama Rudi, turut juga mendampingi Desrina (Guru IPS) dan Mimi Yulia (Guru IPA).

“Sabun adalah kebutuhan harian rumah tangga. Kalau kita beli yang sudah siap, tentunya harganya lebih mahal dibandingkan dengan kita buat sendiri. Bahkan, kita dapat menjualnya sehingga menambah pendapatan kita,” jelas Rudi memberi motivasi.

Dengan penuh antusias, siswa menyaksikan kegiatan tersebut. Bahkan, semuanya ingin berpartisipasi membantu guru melakukan demonstrasi tersebut. 

“Kegiatan dilakukan secara bertingkat dan bertahap. Tahap pertama adalah siswa Kelas VIII, sementara itu siswa Kelas VII berada di kelasnya masing-masing menerima materi pembuatan sabun cair. Kemudian giliran secara bergantian, Kelas VII yang melakukan demonstrasi dan kelas VIII menerima materi pemantapan,” ulas Rudi.

Kepala MTsN 1 Kota Pariaman, Tarmizi, sangat mendukung kegiatan ini. “Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk siswa kita. Harapan nantinya mereka mampu mempraktikan hasil karya sendiri,” jelasnya. (Delsi)


Editor: Supriadi
Fotografer: Delsi