Kelas VIII MTsN 2 Solok Juga Dibekali Materi Penyelenggaraan Jenazah

Koto Baru, Humas – Peserta Pesantren Ramadhan kelas VIII Dibekali dengan Materi Penyelenggaraan Jenazah. Dengan Nara sumber ustadzah Yulva Nela, S.Pd.I dan Ustadz Yulil Putra, S.Ag bertempat di mushalla Al Jihad, Selasa (26/3).

Yulva Nela menjelaskan bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati, untuk itu Kewajiban sebagai Umat Islam untuk menyelenggarakannya. 
Ada kewajiban manusia yaitu : Mengkafani, Memandikan, mensholatkan dan menguburkan.


Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk membentuk karakter peserta didik dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Hal ini juga selaras dengan tujuan pembelajaran saat ini yang mengedepankan pendidikan berbasis karakter.

Sementara itu Kepala MTsN 2 Solok Erdinal, S.Ag menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, anak-anak akan semakin memahami bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah yang baik sekaligus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari serta akan menjadi bekal bagi mereka nanti ketika mereka sudah berkecimpung dalam masyarakat,” tuturnya.

Diharapkan para siswa setelah tamat dari Madrasah mampu dan bisa langsung terjun ke lapangan sesampai di kampung halaman mereka masing-masing. Hafal Al-Qur’an dan mampu menyelenggarakan jenazah,” sebutnya.

Kegiatan ini memang perlu dilaksanakan agar masyarakat mengetahui kemampuan lulusan Madrasah saat ini yang tidak hanya mampu menguasai Pendidikan umum akan tetapi juga menguasai berbagai keterampilan keagamaan khususnya pelaksanaan shalat Jenazah, sehingga siswa telah siap terjun dan menerapkannya di tengah-tengah masyarakat,” Rahmat | Fendi


Editor: Fendi