Kembangkan Literasi di kabupaten 50 Kota, 2 Guru Madrasah dilantik Sebagai Pengurus Daerah Forum TBM  

Limapuluh Kota, Humas - Ketua Pimpinan Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sumatera Barat, Hasan Achari Hrp, S.S., lantik pengurus Daerah Forum TBM Kabupaten Limapuluh Kota, masa bakti 2024-2029, Jumat (27/9) yang lalu di aula Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota. 

Forum TBM ini merupakan organisasi di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Limapuluh Kota. Pelantikan Pengurus Forum TBM ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala Dinas Sosial, Wali Nagari Andaleh, serta perwakilan pengurus TBM se-Kabupaten Limapuluh Kota.   

Dari sejumlah pengurus yang dilantik, dua guru madrasah di Kabupaten Limapuluh Kota masuk sebagai pengurus. Hj. Ernawati, guru pada MAN Limapuluh Kota, diangkat sebagai bendahara, dan Silvianti, guru pada MTsN 4 Limapuluh Kota, diangkat sebagai Ketua bidang Pengembangan Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Bukan tanpa alasan, dua guru madrasah ini masuk sebagai pengurus Forum TBM Kabupaten Limapuluh kaota, karena keduanya merupakan guru yang aktif dalam bidang literasi. Disamping menjalankan tugas sebagai Abdi Negara di masing-maisng madrasah, mereka juga menjadi penggiat literasi di daerah tempat tinggalnya.

Hj. Ernawati, merupakan Ketua Komunitas Penulis Penggiat Literasi (KPPL) Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota. Ia memiliki Taman Bacaan Masyarakat yang dinamai dengan TBM Bahagia. TBM yang beralamat di Jorong Koto Baru Kubang, Kecamatan Guguak ini  Alhamdulilah mendapatkan bantuan 1000 judul buku dan rak buku dari Perpustakaan Nasional. Satu lagi TBM yang dimiliki ASN Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota yang juga mendapat bantuan buku adalah TBM Iqra’, berlamat di Kecamatan Suliki, yang dipimpin oleh Alfia Parma.

Begitu juga dengan Silvianti. Penggagas sekaligus pemilik TBM yang bernama Narabuku ini merupakan guru yang aktif. Pada KPPL Kemenag Kabupaten LImapuluh Kota ia menjabat sebagai  Ketua Bidang Penelitian/Pengembangan KPPL. Sama halnya dengan TBM Bahagia, TBM Narabuku yang berlamat di Jorong Atas Laban, Nagari Halaban, Kecamatan Lareh Sago Halaban, juga mendapatkan bantuan 1000 judul buku dan rak buku dari Perpustakaan Nasional. 

Hj. Ernawati yang didampingi Silvianti, usai pelantikan, saat dikonfirmasi mengatakan, TBM memiliki peran penting dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. Dengan terbentuknya Pengurus Daerah Forum TBM Kabupaten Limapuluh Kota, diharapkan para pengurus daerah dapat menjalankan program-program yang bermanfaat dan berkelanjutan. 

“Forum TBM ini dapat menjadi mitra strategis dalam mendorong peningkatan literasi masyarakat, khususnya di daerah pedesaan. Kita berharap semoga guru madrasah lainnya juga turut mengembangkan literasi di Kabupaten Limapuluh Kota dan memiliki Taman Bacaan Masyarakat,” ungkap Erna.
       
Silvianti juga mengatakan, pengukuhan pengurus ini menandai awal dari perjalanan Forum TBM Kabupaten Limapuluh Kota, yang diharapkan dapat membawa semangat baru dalam upaya meningkatkan budaya literasi di kalangan masyarakat. Dengan dukungan dari berbagai pihak, pengurus yang baru dilantik siap melaksanakan berbagai program yang kreatif dan inovatif.(Erna/Nina)
 


Editor: Nina
Fotografer: Nina