Kemenag Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Gelar Maulid Nabi 1446 H

Koto Baru, Humas - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok bersama Pemerintah Daerah dan PHBI Kabupaten Solok menggelar Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW 1446 H/2024 M. Selasa (17/09).

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru Solok tersebut turut dihadiri Bupati Solok diwakili Sekretaris Daerah, Medison, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Kakankemenag Solok, H. Zulkifli, Staf Ahli Bupati, Asisten  Setda Kab. Solok, Forkopimda, Pejabat lingkup Kemenag Solok, Pimpinan OPD, Camat se-Kab. Solok, Direktur PDAM Kab. Solok, Ketua Baznas Kab. Solok, Ormas Islam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan majelis taklim se Kabupaten Solok.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-09-17 at 13.31.25 (1).jpeg

Ketua panitia pelaksana Sapardi, dalam laporan Ketua Panitia mengatakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan sebagai bentuk cinta umat islam kepada Nabi Muhammad SAW serta refleksi atas keteladanannya dalam memimpin umat.

Adapun jumlah undangan dalam kegiatan maulid akbar ini berjumlah 1200 undangan yang terdiri dari instansi pemerintah, instansi vertikal, BUMN, BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat ormas islam dan majelis Taklim se-Kabupaten Solok dengan mengusung tema “Memontum maulid melahirkan semangat baru untuk perubahan yang lebih baik,” ujar Sapardi.

Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, dalam sambutannya mengatakan peringatan maulid nabi Muhammad SAW adalah momentum untuk mereflesikan nilai-nilai kecintaan pada Rasulullah.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-09-17 at 13.31.25 (2).jpeg

“Kegiatan juga merupakan kesempatan untuk memperkuat tali persaudaraan sekaligus meningkatkan pemahaman tentang islam serta mempererat ikatan sosial sesama umat Rasulullah SAW,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia maulid akbar yang telah berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini sebagai upaya dalam menumbuhkan nilai-nilai keagamaan termasuk perayaan hari-hari besar keagamaan.

Sementara itu, Bupati Solok yang diwakili Sekretaris Daerah, Medison dalam arahannya mengatakan bahwa peringatan maulid ini merupakan wahana bagi kaum muslimin untuk dapat menggali dan meneladani sifat dan kepribadian Rasulullah SAW.

“Semuanya itu akan menjadi pedoman bagi kita dalam mengisi dan mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucap Sekda.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-09-17 at 13.31.25.jpeg

Pengisi tausiah pada kegiatan Maulid ini yakini Dr. Akhi Andriyaldi, LC, MA Dosen Fakultas Syariah Uin Bukittinggi. Dalam tausiahnya menyampaikan diantaranya tentang ketauladanan Nabi Muhammad SAW. “Mari kita teladani sosok Rasulullah, sosok yang kita jadikan panutan terutama dalam kehidupan beragama. Seperti yang disebutkan dalam Al-Quran “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan kedatangannya hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah (QS: Al-‘Ahzab:21).

Dengan demikian kita diminta untuk meneladani sikap Rasulullah Muhammad SAW baik dari perkataan maupun perbuatan. Semoga kita mendapatkan syafaat-Nya sebagai umat Nabi Muhammad SAW dengan menjalankan semua ajaran-ajarannya terutama sholat.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah pekan peringatan maulid nabi di pemda Kabupaten Solok dan pemberian bantuan beasiswa kepada mahasiswa yang akan berangkat ke timur tengah. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri