Kemenag Bukittinggi Gelar Syukuran, Rayakan Suksesnya Ibadah Haji 1445 H

Bukittinggi, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggelar Syukuran Atas Selesainya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Selasa (30/07) bertempat di aula Kantor Kemenag setempat.

Kegiatan ini dihadiri langsung Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi, Kepala Dinas Kesehatan, Linda Feroza, Pimpinan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BIPIH), Kasubbag, Kasi dan Penyelenggara, Kepala KUA, Kepala Madrasah serta Jama'ah Haji Kota Bukittinggi dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Walikota Bukittinggi, H. Erman Safar, menyampaikan rasa syukurnya atas suksesnya penyelenggaraan haji tahun 2024. “Mereka yang berangkat haji tentu telah menyempurnakan rukun Islam ke Lima,” ujar Erman Safar, saat gelaran syukuran jamaah haji 1445 hijriah tahun 2024 ini.

“Saya berharap jamaah haji yang telah menunaikan rukun Islam ini dapat menjadi agen Islam yang sempurna secara rukun, bermanfaat bagi orang banyak serta menjadi haji yang mabrur dan dapat mempertahankan kemabrurannya," tuturnya.

Walikota Bukittinggi Erman Safar, menyampaikan rasa syukurnya atas suksesnya penyelenggaraan haji tahun 2024 dan berharap mudah-mudahan kepulangan Jama'ah ini bisa berdampak positif kepada kehidupan masyarakat khususnya di Kota Bukittinggi terutama terkait kesholehan sosial dalam menangkis dan memberantas penyakit masyarakat yang semakin marak.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi menjelaskan, Jamaah haji Kota Bukittinggi tergabung dalam kloter 11 embarkasi Padang yang berangkat pada gelombang ke dua. Berangkat 317 orang kembali ke tanah air 316 orang satu orang diantaranya meninggal di makah.

“Pemberangkatan Jama'ah Haji Kota Bukittinggi tergabung dalam kloter 11 Gelombang 2. Saat kedatangan ditanah suci kami langsung menyambut Jama'ah, karena kami di tugas di bandara. Alhamdulillah jama'ah dapat melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya meski cuaca cukup panas, namun jamaah dapat melaksanakan dan mengikuti seluruh rangkaian ibadah dengan baik," kata H. Eri Iswandi.

"Alhamdulillah kita bersyukur atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Terimakasih pada semua pihak yang telah berperan, Pemerintah, Kemenag, Petugas Kloter, Tenaga Kesehatan, termasuk KBIHU serta ketua rombongan dan ketua regu yang telah memberikan ilmu pada jamaah, ujar H. Eri Iswandi. (Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial