Kemenag Kota Payakumbuh Gelar Manasik Haji Tingkat Kota Tahun 2024

Payakumbuh,Humas--Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Payakumbuh untuk usim haji Tahun 1445 H / 2024 M yang dilaksanakan di Aula Kankemenag Kota Payakumbuh,Selasa (23/4/2024).

Kegitan tersebut dibuka Pj.Walikota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Kesra dan SDM Elvi Jaya yang didampingi Kakanwil Kemenag Peovinsi Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Ramza Husmen beserta Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben.dalam laporannya menyampaiakan bahwa jumlah calon jamah haji Kota Payakumbuh yang akan berangkat pada tahun 1445 H / 2024 M yang terdata adalah sejumlan 228 orang jamaah yang tergabung dalam Kloter X Gelombang kedua.

Ditambahkannya,tujuan dilaksanakan bimbingan manasik haji ini adalah dalam rangka memberikan pembinaan,pelayanan dan perlindungan bagi jamaah haji sehingga dapat menunaikan ibadah sesuai dengan ketentuan syariat,ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumatera Barat H. Ramza Husmen menyampaikan bahwa bimbingan manasik haji sangat perlu dilakukan bagi calon jamaah haji yang akan melaksanakan Ibadah haji ke tanah suci, karena  calon jamah haji akan mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang harus dilaksanakan mulai dari keberangkatan,pelaksanaan rangkaian ibadah haji di tanah suci sampai kembali nantinya ke tanah air,ujar Kabid PHU.

Staf Ahli Walikota Payakumbuh Elvi Jaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Kemenag Kota Payakumbuh berkomitmen dalam melakukan pembinaan dan pelayanan kepada calon jamaah haji Kota Payakumbuh mulai dari persiapan keberangkatan sampai kembalinya nanti  ke daerah.

Kepada calon jamaah haji Elvi Jaya berpesan agar mengikuti seluruh rangkaian bimbingan manasih haji dengan serius dan sebaik mungkin dan  selalu mejaga kesehatan agar dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci nantinya bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan predikat haji yang mabrur,pungkas Elvi.

Sebagai informasi, untuk Nara Sumber pada kegiatan ini adalah Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh,Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh,serta Pembimbing Ibadah.(Algeri)

 


Editor: -
Fotografer: -