Kemenag Kota Solok Gelar Skrining PTM untuk Jaga Kesehatan Pegawai

Kota Solok, Humas – Kementerian Agama Kota Solok, bersama Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tanah Garam, menggelar kegiatan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kamis (19/09/24). Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini faktor risiko PTM seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung, serta mendorong perubahan perilaku hidup sehat.

Skining PTM (Penyakit Tidak Menular) bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk memantau dan mencegah risiko penyakit tidak menular,

Skrining meliputi pemeriksaan fisik seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan lingkar perut. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan laboratorium gula darah dan mata. Hasil pemeriksaan akan diinput ke dalam aplikasi ASIK untuk pemantauan kesehatan pegawai secara berkala.

Ketua Tim Kesehatan Kota Solok, dr. Fadiul Laila, menyampaikan, "Skrining PTM ini sangat penting untuk menjaga kesehatan pegawai dan meningkatkan produktivitas kerja. Dengan deteksi dini, kita dapat mencegah komplikasi penyakit yang lebih serius."

Adrinoviyan, Kasubbag TU menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kesehatan pegawai adalah aset yang sangat berharga. Dengan deteksi dini, dapat mencegah penyakit yang lebih serius dan menjaga produktivitas kerja. harapannya agar kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya atau sekali   enam bulan.

“Saya berharap kegiatan skrining ini dapat menjadi langkah awal bagi kita untuk membangun lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Mari kita manfaatkan hasil skrining ini untuk meningkatkan kualitas hidup kita,” ungkapnya

Dengan diadakannya skrining ini, diharapkan setiap pegawai dapat mengetahui kondisi kesehatannya dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah PTM. Kegiatan pemeriksaan diawali Kasubbag TU, Adrinoviyan dan di ikuti oleh ASN yang lainnya. 

Petugas yang hadir dalam kegiatan Skrining kesehatan dari Puskesmas Tanah Garam, Suratna Dewi, Gindia Sofia, Maha yani, Dona Anggraini, Erisnil Martha Dewanti. Kegiatan diikutimoleh seluruh ASN Kemenag Kota Solok. (helda)


Editor: Risna
Fotografer: helda