Kemenag Kota Solok Lakukan Monev untuk Tingkatkan Kinerja KUA Lubuk Sikarah

Kota Solok, Humas --- Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan KUA Kota Solok, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Kemenag Kota Solok, Irawadi Uska, mewakili Kepala kantor Kementerian Agama Kota Solok beserta staf melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) di KUA Lubuk Sikarah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, memberikan pembinaan, serta mengevaluasi kinerja KUA Lubuk Sikarah dalam hal pelayanan, administrasi, dan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Selasa (24/09/24)

Kunjungan Kasi Bimas Islam diawali dengan mencoba langsung layanan digital yang tersedia di bagian depan KUA Lubuk Sikarah. Layanan ini dapat diakses oleh seluruh pengunjung dan mencakup berbagai informasi serta layanan, seperti pendaftaran pernikahan, buku tamu, layanan bimbingan perkawinan, dan data-data digital lainnya. "Layanan digital ini sangat membantu dalam memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat secara cepat dan mudah," ujar Rinaldi, Kepala KUA Lubuk Sikarah.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Selasa, 24 September 2024, di lantai 2 KUA Lubuk Sikarah. Seluruh penyuluh, penghulu, dan staf KUA Lubuk Sikarah hadir dalam kegiatan ini. Dalam arahannya, Kasi Bimas Islam menekankan pentingnya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, serta menjaga ketertiban dan kelengkapan administrasi dokumen. Beliau juga meminta seluruh penyuluh dan penghulu untuk menyusun Laporan Capaian Kinerja Harian (LCKH) secara teratur sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

"KUA memiliki peran yang sangat strategis dalam penyelenggaraan berbagai layanan keagamaan. Oleh karena itu, kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan administrasi kita," tegas Irawadi.

Monitoring dan pembinaan yang dilakukan oleh Kemenag Kota Solok ini sangat bermanfaat bagi KUA Lubuk Sikarah. "Melalui kegiatan ini, kami semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Kusrizal, salah seorang penyuluh.

“Pentingnya inovasi dan kolaborasi dalam pengembangan program Bimas Islam, mari kita semua bekerja sama demi mencapai tujuan yang lebih baik dalam layanan keagamaan, mencerminkan komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada Masyarakat,” pesan Mustafa, Kepala Kantor Kemenag Kota solok saat Wawancara

Kegiatan Monev ditutup dengan sesi tanya jawab mengenai LCKH, penyusunan e-Kinerja, dan program-program bimbingan masyarakat Islam tahun 2024. (helda/krz)

 


Editor: Risna
Fotografer: helda/Krz