Kemenag Solok Hadiri Syukuran dan Wisuda Tahfidz Kelas XII MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM hadiri syukuran dan wisuda tahfidz kelas XII tahun pelajaran 2023/2024 MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Rabu (21/02).

Syukuran dan Wisuda Tahfidz yang bertempat di lapangan Volly MAN 1 Solok Plus Keterampilan tersebut berlangsung dengan sukses dan meriah yang mengangkat tema “Tonggak Tuo Rumah Gadang”. Yang diikuti Sebanyak 117 orang wisuda tahfidz dan tasyakuran 226 orang santriwan/ti MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

Hadir dalam acara tersebut, Komite MAN 1 Solok Plus Keterampilan, Camat Kubung, Polsek Kubung, Wali Nagari Koto Baru, Kepala MAN 2 Solok, H. Maidison, S.Pd, Kepala MTsN 2 Solok, Erdinal, S.Ag dan Wali Santri serta warga MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

Dalam sambutan Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok, H. Zulkifli menyampaikan bahwa untuk mewujudkan generasi Qur’ani masyarakat madani dengan 2 kunci, yaitu mampu memadukan antara konsep pikir dan zikir.

“Intelektualnya bagus, ilmunya hebat, dan jangan lupa isi dadanya dengan zikir kepada Allah. Sehingga perlu dikawal aqidah, ibadah dan akhlaknya,”ujarnya.

Selain itu, Kakankemenag juga mengatakan bahwa untuk madrasah wajib memiliki hafalan al-Qur’an ketika tamat. Tingkat MI 1 juz, MTs 2 juz, dan MAN 3 juz.

“Tamatan madrasah itu harus memiliki hafalan al-Qur’an, mampu berkhutbah bagi laki-laki, bisa pidato bagi perempuan, mampu menjadi imam dan imam shalat jenazah,” ucap H. Zulkifli.

Lanjutnya Kakankemenag mengatakan bahwa madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam hadir untuk menjawab tantangan 3T ditengah gencarnya perkembangan teknologi saat ini.

“3T itu terdiri dari Terbina Ibadahnya, Terbina Akhlaknya dan Terampil. Ini akan menjadi modal penting bagi siswa madrasah kedepannya untuk menjadi individu yang berilmu, beriman, dan cakap keahlian,” urai Kakankemenag.

H. Zulkifli menekankan betapa pentingnya akhlak dalam kehidupan. Jika tidak memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik akan ditinggalkan oleh masyarakat, dan diabaikan sesama.

Kakankemenag berpesan kepada santriwan-santriwati agar selalu menjaga akhlak, menjaga ibadah, memelihara iman yang ada dalam diri, sehingga dapat dibanggakan sebagai alumni MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

“Terima kasih kepada orang tua santri yang telah mempercayakan madrasah untuk menitipkan anak belajar, kita berharap kita semua dapat mempromosikan MAN 1 Solok ini ke masyarakat luas, karena MAN 1 Plus Keterampilan ini telah memiliki boarding school dan keterampilan,” tutupnya.

Sebelumnya Kepala MAN 1 Solok Pus Keterampilan, Drs. Syukrizal, MM dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang telah hadir pada acara syukuran dan wisuda tahfidz ini serta kepada tenaga pendidik dan kependidikan, komite, panitia pelaksana, dan seluruh pihak yang telah sukses mengangkat acara ini.

Selain itu, Syukrizal mengungkapkan, keberhasilan santriwan/ti dalam proses menjadi hafiz-hafizah terbentuk atas kerja sama yang baik antara madrasah dan pembinanya. Kami mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang luar biasa dari Bapak dan Ibu yang telah mengantarkan siswa-siswi menjadi penghapal Al Qur’an.

Selamat kepada anak-anakku yang telah mengikuti Wisuda Tahfidz hari ini. Semangat dalam menyelesaikan dan menjaga hafalannya. Teruslah belajar di manapun dan kapanpun. Anak-anak semua mengharumkan madrasah dan membuat orang tua bahagia. “Perpisahan bukan akhir, tapi awal kenangan indah tentang kebersamaan. Semoga anak-anakku semua dapat meraih sukses dunia akhirat,”ujarnya.

Disamping itu, dalam laporan ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa santri kelas XII yang akan mengikuti ujian assesment terakhir pada akhir bulan maret ini yang diikuti sebanyak 226 orang santriwan/ti.

“Hari ini kami lepas kembali, bukan berarti untuk dirumahkan, tetapi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dari ini. Karena pendidikan selama 3 tahun di MAN ini belumlah cukup untuk mereka,” ujar Oviani, S.Pd.

Acara diawali dengan tari pasambahan guna menyambut seluruh tamu dan undangan, dilanjutkan dengan rangkaian acara pembukaan dan wisuda serta pelepasan santri kelas XII dan dilanjutkan dengan penampilan tari piring dan kesenian lainnya sebagai buah karya dari bidang kesenian MAN 1 Solok Plus Keterampilan.

Wisuda Tahfidz selesai sebelum zhuhur, Ba'da zhuhur dilanjutkan dengan tasyakuran. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: N.DY