Kemenag Solok Hadiri Wisuda Tahfizd SMAN 2 Sumbar Ke VI

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM bersama Kepala KUA Kecamatan Gunung Talang diwakili Penghulu, Ababil Gufron, S.HI, MH menghadiri Wisuda Tahfidz Ke-6 yang digelar SMAN 2 Sumatera Barat di aula SMA setempat. Sabtu,(17/02).

Tampak hadir sejumlah undangan, Kepala Dinas Wilayah III Solok Raya, Orang Tua Murid dan Seluruh Warga SMAN 2 Sumatera Barat  dan undangan lainnya. 

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan penampilan yang diisi langsung oleh para Siswa-siswi yang berbakat. Diantaranya penampilan Asmaul Husna dan dilanjutkan dengan penampilan Tamyiz serta Pemutaran Video Dokumentasi Tahfiz yang disaksikan dengan semangat dan meriah. Para tamu undangan yang hadir sangat mengapresiasi acara tersebut.

Dalam Sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan. Kakankemenag turut berbangga atas pelaksanaan acara wisuda tersebut.

“SMAN 2 Sumatera Barat sudah cukup lengkap dalam penyedian fasilitas kegiatan bagi siswa, sehingga pemberdayaan kualitas siswa semakin meningkat dan tentunya didukung dengan manajemen yang baik pula,’”ucapnya.

Selain itu, Kakankemenag juga mengatakan ada 4 problem yang terjadi hari ini yang pertama terjadinya kerapuhan Aqidah, Tauhid keropos, Iman menipis yang kedua Kurangnya rasa ibadah terutama generasi muda, yang ketiga terjadinya denkadensi moral, moral generasi selalu menurun dan keempat Publik speaking, cara bicara cara tutur kata, dulu di minang ado kato nan 4, namun hari ini generasi bicara tidak ada batasnya.

H. Zulkifli berharap dengan wisuda tahfiz ini akan lahir generasi Al Qur’an sehingga tercipta negeri yang madani baldatun toyyibatun dan kepada siswa-siswi agar untuk terus meningkatkan kualitas diri, terus melanjutkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi baik di sumatera barat maupun di luar daerah dan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hafalan yang sudah diperoleh.

Kakankemenag juga mengucapkan selamat kepada SMAN 2 Sumbar dan wisudawan/ti, juga terima kasih kepada guru yang telah menjadikan anak-anaknya, bukan hebat ilmu pendidikan umumnya saja tapi juga hebat Al Qur’an.

Menutup sambutannya Kakankemenag juga berpesan pada orang tua siswa untuk terus menjaga dan meningkatkan hafalan dan kemampuan ilmu agaman anaknya dan senantiasa mendoakan agar selalu hafal Al Qur’an.

“Tentunya siswa-siswi SMAN 2 Sumbar bukan sekedar hafal Alquran semata, tetapi terus berupaya memahami, mendalami dan mengamalkan isi kandungan Alquran," tutupnya.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMAN 2 Sumbar, Ratna Yulia, S. Pd. M. Pd menyampaikan ucapan terimah kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok dan seluruh tamu undangan yang hadir pada acara hari ini.

"Pertama-tama saya selaku kepala sekolah mengucapkan terimakasih atas kedatangan bapak/ibu untuk datang pada acara hari ini dan sebagai informasi sekolah ini juga selalu mengupayakan agar anak-anak yang lulus dari sekolah ini menjadi anak-anak yang bukan hanya mengembangkan kemampuan dalam segala bidang, tapi juga berupaya untuk menghasilkan anak-anak yang hafizh Al Qur’an,”ungkap Ratna.

Sementara itu, Pengelola Rumah Tahfiz An-Nahl, Geri Rahmadona mengatakan bahwa wisuda tahfiz ini diikuti oleh 123 siswa kelas XII. Mereka mengikuti wisuda tahfiz sebelum mengikuti ujian akhir sekolah.

“Sekolah hanya menargetkan minimal 3 juz saat mereka menyelesaikan pendidikan di SMAN 2 Sumbar ini, tetapi dalam lima kali wisuda, hafalan sebagian siswa jauh di atas ekspetasi itu,” ujar Geri Rahmadona.

Setiap Ramadan Rumah Tahfiz SMA N 2 Sumbar ini, selalu menggelar Camp Tahfiz. Para siswa dibimbing lebih intensif untuk meningkatkan hafalannya. Wisuda Tahfizd yang ke-6 ini merupakan generasi ke depalan SMAN 2 Sumatera Barat. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: Ababil