Kendala ekstrakurikuler tahfiz di MTsN 3 Solok Selatan

Kegiatan ekstrakurikuler tahfiz kelas 9.5 MTsN 3 Solok Selatan dilaksanakan pagi hari sebelum PBM dimulai di ruangan kelasnya, Jum'at 1/9/2023.

Ekstrakurikuler ini bukan hanya untuk siswa kelas 9 saja tapi juga untuk siswa kelas 7 dan 8.Kelas 9 hari Rabu dan Jum'at sedangkan kelas 7 dan 8 hari Selasa dan Kamis. 

" Mulai semester ganjil ini dilaksanakan kegiatan ekstrakurikuler tahfiz di pagi hari jam 06.00 wib sampai 07.30 wib, agar siswa lebih segar menghafal ayat-ayat al Qur'an, " Kata Lili Defita sebagai waka kurikulum. 

"Kelas yang sudah dipersiapkan siswanya untuk ekstrakurikuler tahfiz ini adalah kelas 7.1, kelas 8.3 dan kelas 9.1 serta siswa dari kelas lain yang berminat, masing-masing kelas melaksanakan 2 kali seminggu," Tambah Gusfira Susanti (waka kesiswaan). 

Adapun tim pengajarnya ada 3 orang guru yaitu Ratna Juita( kelas 9.5), Ria Wahyuni (kelas 8.3) dan Novi Magdalena (kelas 7.1).

Kegiatan tersebut sudah berjalan lebih dari satu bulan. Ada beberapa kendala yang dialami tim guru, seperti siswa yang datang tidak tepat waktu dan beberapa siswa belum menghafalkan ayat yang sudah ditugaskan guru di rumah. 

"Jam 06.00 wib baru sebagian siswa yang hadir di kelas, mungkin karena faktor kendaraan atau jarak dari rumah ke sekolah.Dan ketika di kelaspun sebagian siswa menghafal dulu sehingga waktu setoran hafalan kepada guru tidak maksimal target hafalannya, " Kata Ria Wahyuni. 

"Karena sudah berjalan satu bulan, kita akan segera mengevaluasi kegiatan tahfiz ini. Dengan menanyakan kendala siswa dan guru serta mencarikan solusinya. Sehingga target hafiz dan hafizah tahun depan semakin bertambah bisa terlaksana,"tutup Lili Defita. (HW) 

 

 

 


Editor: -
Fotografer: -