Jakarta, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda menghadiri undangan dari Menteri Agama RI di Jakarta dalam rangka menerima penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan (UPP) terbaik atas komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang inklusif dan ramah bagi kelompok rentan, Jum'at (3/1) di Jakarta.
Penghargaan ini diserahkan pada upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-79 Tahun 2025 berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 489 Tahun 2024 tentang hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik di kementerian dan lembaga.
Dalam sambutannya, Menteri Agama RI menyampaikan apresiasi atas upaya luar biasa yang dilakukan oleh UPP di seluruh Indonesia, khususnya Kemenag Pesisir Selatan, dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang menjunjung nilai inklusivitas dan keberpihakan kepada kelompok rentan.
"Pelayanan publik yang inklusif adalah wujud nyata dari keadilan sosial. Kita semua bertanggung jawab menciptakan layanan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali," tegasnya
Kakankemenag Pesisir Selatan, Abrar Munanda mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan tersebut. "Alhamdulillah diawal tahun 2025 ini Kantor Kementerian Agama tentang Selatan memulai aktivitas dengan menerima reward dan piagam penghargaan dari Menteri Agama Nasaruddin Umar sebagai Satuan Kerja Kantor Kementerian Agama Unit Pelayanan Publik Inklusi Ramah Kelompok Rentan di tahun 2025 ini," ungkapnya.
Ia mengatakan penghargaan tersebut adalah hasil evaluasi dan penilaian yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia di tahun 2024 dan merupakan bukti nyata hasil kerja keras seluruh tim Kemenag Pesisir Selatan.
"Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, tim pelayanan publik ramah rentan dan seluruh stakeholder yang telah berpartisipasi bekerjasama berkolaborasi dan bersinergi mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan publik umumnya dan khususnya kepada kelompok rentan di Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Abrar.
Penghargaan tersebut menegaskan posisi Kemenag Pesisir Selatan sebagai salah satu institusi yang berhasil mengimplementasikan nilai-nilai pelayanan inklusif, sesuai dengan visi Kementerian Agama dalam mewujudkan masyarakat yang rukun, harmonis, dan berkeadilan.
Abrar Munanda berharap hal ini menjadi momentum bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan di tahun 2025 ini untuk lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasakan kehadiran kementerian agama di tengah-tengah mereka dan mudah-mudahan di tahun ini Kemenag Pessel bisa juga mewujudkan kerukunan beragama menuju Indonesia emas.
"Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik yang menghormati keberagaman dan memastikan setiap individu mendapatkan hak pelayanan secara setara," tutupnya.
Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi negara, tokoh agama, dan perwakilan dari seluruh daerah di Indonesia. Perayaan HAB ke-79 juga diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti pemberian penghargaan, orasi kebangsaan, serta penampilan seni budaya. (Zon)