Ketahui Tingkat Kesehatan, Siswa MAN 1 Kota Padang Jalani Skrining

Padang, Humas – Siswa MAN 1 Kota Padang menjalani pemeriksaan kesehatan atau skrining dari puskesmas Ambacang kecamatan Kuranji, Senen (2/10) di kelas belajar MAN 1 Kota Padang.

Kepala MAN  1 Kota Padang, Marliza menyambut baik program puskesmas Ambacang ini. Berdasarkan hasil pemeriksaan ini akan diketahui tingkat kesehatan siswa MAN 1 Kota Padang.

“Kita sangat berterima kasih dengan program puskesmas Ambacang ini, karena dengan pemeriksaan ini akan diketahui tingkat kesehatan siswa kita. Siswa itu harus sehat karena akan mengikuti banyak kegiatan di dalam dan di luar kelas,” jelasnya.

Menurut salah seorang petugas, Drg. Sri Zirma Hartati, pemeriksaan kesehatan ini untuk mengetahui tingkat kesehatan siswa dengan memeriksan tinggi badan, berat badan, kadar hemoglobin, kesehatan gigi dan telinga, serta pemberian kuisione kecanduan rokok dan jiwa. Juga diberikan vitamin tambah darah khusu untuk siswi.

“Sasaran skrining adalah siswa kelas X dengan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, kadar hemoglobin, kesehatan gigi dan telinga. Sedangkan untuk kelas XI dan XII adalah pemberian kuisione kecanduan rokok dan jiwa serta pemberin vitamin tambah darah,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, apabila dari hasil pemeriksaan hari  ini didapati siswa yang bermasalah maka akan dianjurkan untuk memeriksakan kembali ke klinik atau fasilitas kesehatan sesuai BPJS-nya untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Karena kita hanya untuk pemeriksaan awal, maka apabila didapati hasil yang tidak normal maka dianjurkan kepada yang bersangkutan untuk pemeriksaan lanjutan ke klinik dan fasilitas kesehatan lainnya agar mendapakan penanganan dokter,” jelasnya lagi.

Pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) MAN 1 Kota Padang, srkaigus pembina Palang Merah Remaja (PMR) Maifiyetri mengatakan bahwa skrining ini rutin dilakukan setiap tahun dengan sasaran kelas X, sedang kelas XI dan XII hanya pemberian pemberian kuisioner kecanduan rokok dan jiwa serta pemberin vitamin tambah darah.
Pemeriksaan ini dilakukan dengan mendatangi setiap kelas dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang dimaksud.

Hadir dalam skrining ini delapan tenaga kesehatan puskesmas Ambacang yang didampingi oleh pembina UKS. (Ai)


Editor: -
Fotografer: -