Khatib Jumat di MTsN 2 Solok, Jufrianto, M.Pd : Alam Sebagai Tanda Kebesaran Allah

Koto Baru, Humas, Pelaksanaan Sholat Jumat di Mushalla Al Jihad MTsN 2 Solok bertindak sebagai Khatib Ustadz Jufrianto, M.Pd, Jumat (15/9) 

Pelaksanaan Jumat di Madrasah pada Minggu Kedua Bulan September 2023 berjalan dengan tertib, aman dan khidmat

Alam semesta merupakan ciptaan sempurna dari Allah SWT. Termasuk dalam hal ini bumi, tempat manusia hidup. Allah menciptakan bumi, tidak sia-sia. Terdapat perbagai tujuan mulia Allah dalam proses penciptaannya.

Hal ini tergambar dalam firman Allah dalam Q.S Ali Imran ayat 190-191:

إِنَّ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ وَٱخۡتِلَٰفِ ٱلَّيۡلِ وَٱلنَّهَارِ لَأٓيَٰتٖ لِّأُوْلِي ٱلۡأَلۡبَٰبِ٠ ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمٗا وَقُعُودٗا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلۡقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَٰذَا بَٰطِلٗا سُبۡحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS: Ali Imran ayat 190-191)

Rahasia penciptaan alam semesta yang meliputi langit, planet, galaksi dan bumi tak akan mampu tercerna kecuali oleh orang yang memiliki kecerdasan. Seyogianya, manusia merenungi pelbagai ciptaan Allah tersebut. Pasalnya, itu semua bukti bahwa Allah maha kuasa atas segala alam semesta.

Kegiatan Jumat di Madrasah merupakan kegiatan Madrasah sesuai dengan himbauan Kementerian Agama Kabupaten Solok agar madrasah melaksanakan Jumat di Madrasah Masing-masing 

Kegiatan dikoordinir oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Ferni Hastuti, SE, Guru Piket dan seluruh majelis guru MTsN 2 Solok.

Menurut Ferni, kegiatan ibadah Jumat merupakan ibadah Pribadi masing-masing, untuk itu kita benar mengkondisikan kondisi yang aman dan tenang selama pelaksanaan Jumat, sehingga tercipta kondisi yang tenang dan khusu'k, ujar guru IPS ini.

Sedangkan Siswi Perempuan Melaksanakan Kegiatan Forum Annisa yang dikoordinir oleh walikelas masing masing, kemudian dilanjutkan dengan sholat Dzuhur Berjamaah di Mushalla Al Jihad MTsN 2 Solok.

Kepala MTsN 2 Solok H. Maidison, S.Pd mengungkapkan Sholat Jumat merupakan ibadah yang diharapkan ketenangan dan kekhusukan dalam pelaksanaannya untuk itu kegiatan dikoordinir oleh wakil Kesiswaan dan Piket serta majelis guru agar anak-anak kita benar-benar serius dan fokus untuk melaksanakan ibadah. Ujarnya

“Alhamdulillah terimakasih kepada seluruh siswa yang telah melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya madrasah hebat bermartabat" tegasnya. Rahmat | Fendi


Editor: -
Fotografer: -