Kol (sus) H. Muttaqin, M.Ag, Ketua Ikatan Alumni MTsN Koto Baru Solok

Humas - Kolonel H. Muttaqin, M.Ag, Perwira TNI AU yang dipercaya menjadi ketua Ikatan Alumni MTsN Koto Baru memimpin acara reuni akbar III yang berlangsung di MTsN 2 Solok, Sabtu (13/4).

Diantara alumni yang hadir Profesor Masri Mansur, dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini merupakan siswa angkatan pertama MTsN Koto Baru setelah transisi dari PGA 6 tahun.

Dalam acara yang dihadiri para alumni lintas angkatan ini mengapung sejumlah gagasan sebagaimana yang disampaikan oleh H. Muttaqin, M.Ag. Perwira TNI ini dalam kesempatan  tersebut lebih terlihat sosok buyanya, karena begitu melekatnya jiwa madrasah pada putra H. Rusdi Nurdin ini.

"Ada dua gagasan utama yang ingin kita gerakan dan didukung oleh para alumni dan keluarga besar MTsN Koto Baru yang kini bernama MTsN 2 Solok ini, pertama kontribusi alumni untuk sesama alumnus yang tersebar di berbagai daerah nusantara, kedua kontribusi alumni untuk madrasah dan para siswa saat ini," ujar H. Muttaqin didampingi Ketua Panitia Reuni Akbar, Zulhelmi, S.Ag yang ditemui sebelum acara.


Dijabarkannya, kontribusi untuk alumni ini diawali dengan membentuk Lembaga Ekonomi Syariah yang bisa berbentuk koperasi atau baitul mal. Lembaga ini nantinya akan mensupport para alumni yang bergerak disektor informal untuk maju dan berkembang, sesuai bakat dan profesi seperti UMKM, Pertanian atau Peternakan.

"Berikutnya kita rancang membentuk yayasan pendidikan, nantinya yayasan ini mendirikan dan mengelola madrasah dengan mengakomodir para lulusan sebagai tenaga pendidiknya. Sedangkan untuk standar mutu dan program pembelajaran kita sejalankan dengan MTsN 2 Solok ini agar kualitas lulusan madrasah tersebut sejajar dengan almamater kita," ulas H. Muttaqin.

H. Muttaqin menjelaskan, semua gagasan tersebut dimulai dengan menyusun dan mengumpulkan database alumni yang diakomodir oleh alumni center di MTsN 2 Solok. Tujuannya untuk menghimpun data para alumni sejak pertama kali madrasah ini berdiri hingga beberapa kali berganti status dan nama hingga tahun sekarang.

Sementara itu Prof. H. Masri Mansur yang kini berkiprah di dunia pendidikan menyatakan siap mendukung program yang digagas Perwira TNI Angkatan Udara tersebut serta mengajak alumni lain untuk bersama-sama mewujudkannya agar konribusi nyata pada masyarakat.

"Nanti kita akan kaji dan diskusikan lebih mendalam untuk pembentukan lembaga ekonomi syariah ini dengan tim pengembangan ekonomi syariah di UIN Syarif Hidayatullah. Begitu juga dengan wacana pembantukan yayasan, sebuah ide bagus yang tidak hanya merancang terbukanya lapangan kerja bagi alumni tapi juga berkontribusi nyata pada dunia pendidikan keagamaan dengan mendirikan madrasah," ujar putra nagari Paninggahan yang tengah mempersiapkan diri menuju Pilkada 2024 ini.

Kepala MTsN 2 Solok Erdinal S.Ag yang didampingi Wakil Kepala bidang Sarana Prasarana Yulil Putra menyambut antusias gagasan yang disampaikan oleh Alumni ini.


"Suatu kebanggaan bagi kami memimpin madrasah yang alumninya adalh sosok-sosok penting di negara ini, yang dengan pengalamannya melahirkan ide-ide dan gagasan untuk kemajuan madrasah serta kontribusi positif bagi para alumni," sebut Erdinal.

Erdinal mengatakan pihaknya siap mendukung program-program alumni ini nantinya, lebih dari itu tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 2 Solok saat ini juga banyak alumni MTsN Koto Baru.

Para acara bertajuk reuni akbar dan halal bi halal ini, IKA Alumni MTsN Koto Baru menyumbangkan 1 unit AC untuk musala Al Jihad MTsN 2 Solok, sedangkan untuk pembentukan lembag ekonomi syariah terkumpul dana empat juta lebih yang nantinya akan terus dihimpun dari ribuan alumni yang tersebar di berbagai daerah di nusantara.

Selain dihibur oleh orgen tunggal Romansa Music, pada reuni akbar ini para alumni juga makan basamo. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi