Komunikasi dan Koordinasi adalah Kunci

Padang Pariaman, Humas - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Asrama Haji Debarkasi Padang kembali melaksanakan rutinitasnya selama masa pemulangan Jemaah Haji tahun 2024 M / 1445 H. Kali ini Jamaah Haji Kloter 5 PDG mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Jumat (28/6) pukul 14.34 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300ER (GA3405) dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah. H. Epi Yoskar didampingi H. Hidayat DS dan tim dari PPIH Padang langsung bergerak bersama tim PPIH Debarkasi Antara Provinsi Bengkulu, tim Balai Kekarantinaan Kesehatan Padang dan tim dari Garuda serta Gapura menyambut Jamaah Haji yang masuk ke dalam Bandara melalui Gate 1.

Jamaah Haji Kloter 5 yang dikomandoi Mulyadi Dahari Muad selaku Ketua Kloter bersama Bahtiar Iman Amri selaku Pembimbing Ibadah langsung membantu proses turunnya Jamaah dari pesawat menuju ruang tunggu. Tak lupa dr. Wiwit Rahayu Suratman dan dua tim medis serta TPHD memastikan Jamaah tidak mengalami masalah kesehatan. Memasuki ruang tunggu, Jamaah diberikan bekal makan siang, kopi dan teh oleh tim Garuda dan Gapura Angkasa diiringi lantunan merdu tim Sholawat PPIH Padang yang dikomandoi H. Indra Gunawan, Bakri dan Netty. Setelah seluruh Jamaah memasuki ruang tunggu, dilaksanakan prosesi penyambutan dimana H. Epi Yoskar mewakili Kepala PPIH Padang mengalungkan bunga ke Ketua Kloter Mulyadi.

Setelah sambutan dilaksanakan, H. Epi Yoskar beserta tim langsung berkoordinasi dengan tim PPIH Debarkasi Bengkulu untuk serah terima Jamaah yang terdiri dari 164 pria dan 229 wanita. Dilanjutkan dengan komunikasi dengan Jamaah tentang layanan jamaah haji yang saat ini sedang dinikmati. "Walaupun seluruh Jamaah Haji Kloter 5 berasal dari Provinsi Bengkulu, Hal tersebut tentu tidak mengurangi layanan yang kita berikan kepada Jamaah. PPIH Debarkasi Padang bertekad untuk memberikan layanan yang optimal kepada  seluruh Jamaah Haji yang saat ini memiliki motto Haji Ramah Lansia" ujar Ketua Tim Kerja pada Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah tersebut.

"Koordinasi dan Komunikasi adalah kunci suksesnya pelaksanaan Pemulangan Jamaah Haji. PPIH Debarkasi Padang harus bersinergi dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait agar proses pemulangan Jamaah ini berlangsung baik dan lancar. Selain itu kita juga perlu melakukan komunikasi dengan Jamaah Haji tentang permasalahan selama proses pemulangan sebagai bahan masukan untuk peningkatan layanan kedepannya. Semoga seluruh Jamaah Haji Indonesia diberikan kekuatan dan kesehatan agar dapat kembali ke Tanah Air dan berkumpul bersama keluarga" tutup Epi Yoskar.


Editor: Rhama
Fotografer: Rhama