Kontingen Kompetisi Sains Madrasah dan Myres Sumbar, Disambut Tim Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar di BIM

Padang (Humas)- Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar menggelar penyambutan khusus secara sederhana kepada kontingen KSM dan Myres Provinsi Sumbar yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau pada Kamis (07/09). Penyambutan ini sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan seluruh peserta, khususnya kepada peserta perwakilan dari SMA, serta tim selama pelaksanaan KSM dan Myres, tingkat Nasional 2023 di Kendari.

“Terimakasih dan apresiasi luar biasa kami ucapkan sebagai bentuk penghormatan, Dinas Pendidikan melakukan penyambutan khusus kepada kontingen Sumbar di Padang, lengkap dengan spanduk selamat dan ucapan selamat,” kata Hendri Pani Dias.

Hendri Pani Dias mengutarakan, keberhasilan Sumatera Barat dalam even tahun 2023 berkat bimbingan seluruh pihak terkait, tak terkecuali Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 

Faktanya, enam dari 11 Delegasi Provinsi Sumatera Barat yang mengikuti KSM dan Myres Nasional ini merupakan siswa SMA. Sementara itu, untuk Myres peniliti-peniliti muda madrasah menduduki peringkat enam besar nasional.

“Sedangkan untuk KSM, enam peserta adalah siswa dari sekolah tingkat SMA dan SMP, lima lainnya perwakilan dari madrasah. Sedangkan yang berhasil mengantongi medali emas adalah siswa SMP dan SMA dari Perguruan Ar Risalah Kota Padang. Kita mendapat 2 emas, 1 perak dan 4 perunggu, ”katanya.

Pihaknya mengaku, telah menyepakati bahwa para olimpian yang telah pulang ke ranah Minang ini adalah seorang “The Winner dan The Learner” Para juara dan para pembelajar.

“Kalau dilihat dari segi hasil nilai, space antara 1 dan lainnya sangatlah kecil, andai saja ditambah 1 lagi mungkin semua bisa mendapat medali, yang jelas mereka adalah perwakilan anak-anak hebat dari Sumatera Barat.” Imbuhnya 

Untuk itu, Hendri Pani Dias menyampaikan apresiasi terdalam atas bimbingan, dorongan, dan kerjasama dengan Dinas Pendidikan selama ini. 

“Semoga ini tetap berlanjut, karena Kemenag dan Dinas Pendidikan sama-sama mengurus anak bangsa. Mewakili Bapak Kakanwil kami ucapkan terimakasih, semoga apa yang kita lakukan ini bernilai amal saleh. Terlebih lagi atas kesediaan bapak dan ibu yang sudah menyambut dan hadir langsung menyambut kami di Bandara. Semoga kedepan Sumbar bisa lebih baik lagi,” tutupnya.

Sementara itu Kadis Provinsi Sumbar diwakili Kabid P-SMA Mahyan, meyakini torehan prestasi siswa yang telah berhasil meraih medali merupakan hasil kemauan keras siswa itu sendiri, semangat juang guru pembimbing di sekolah, kemauan kuat orang tua dalam mendukung proses belajar siswa.

“Kami sangat bangga, atas prestasi anak-anak hebat Sumatera Barat hari ini. Semoga kedepan akan semakin banyak lahir dan bertumbuh para delegasi siswa madrasah atau pun sekolah yang memiliki semangat juang yang sama demi memajukan pendidikan di Indonesia,” katanya.

Untuk diketahui, kedatangan rombongan di BIM menggunakan pesawat Batik Air dari Kendari menuju Bandara Soetta. Dan mengunakan  pesawat Super Air jet nomor penerbangan IU 902 yang mendarat mulus sekitar pukul 12.35 WIB.

Penyambutan dimulai dengan pengalungan bunga dan buket bunga yang berisi cemilan ringan seperti roti, coklat, dan lainnya. 

Hadir dalam penyambutan Kontingen KSM Sumbar Kadis Pendidikan Provinsi Sumbar diwakili oleh Kabid P-SMA Mahyan, S.Pd., MMz Ketua MKKS SMA Sumbar Drs. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I, Ketua MKKS SMA Negeri Kota Padang Drs. M. Isa, M.Pd, Kepala SMA, Guru Pembina dan sejumlah siswa.

 


Editor: -
Fotografer: -