KUA Hiliran Gumanti Tandatangi MoU Pembinaan Keagamaan dengan Ketua FK PAI

Koto Baru, Humas - Kantor Urusan Agama Kecamatan Hiliran Gumanti Gelar giat Lounching MoU Pembinaan Kegamaan bersama Ketua FK PAI Kecamatan Hiliran Gumanti, bertempat di Kantor Kantor Urusan Agama setempat . Rabu (21/02).

Kegiatan Lounching yang dihadiri Kepala KUA Kecamatan Hiliran Gumanti, Fauzi, S.Sos.I Penyuluh Agama Fungsional dan Honorer Kec. Hiliran Gumanti, Kepala Sekolah se-Kecamatan Hiliran Gumanti, Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Agama Islam (FK PAI), Nofri Sumantri, S.Ag, Gr dan Majelis Guru yang mewakili sekolah dasar yang ada di Kecamatan Hiliran Gumanti.

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Hiliran Gumanti, Fauzi, S.Sos.I dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua FK PAI, Kepala Sekolah dan Majelis guru, serta semua pihak yang telah menggagas dan memfasilitasi kegiatan ini.

“Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pembinaan keagamaan pada  peserta didik, meningkatkan kemampuan baca tulis Al-qur’an, praktek ibadah, pemahaman akidah, fiqih, akhlak serta pelayanan konsultasi keagamaan, sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang religius dan berkarakter. Kemudian  Menjadikan KUA dan Sekolah sebagai sarana pembinaan, promosi keagamaan, konseling, pendidikan karakter peserta didik yang berakhlak, serta pusat layanan keagamaan bagi guru, tenaga pendidikan dan peserta didik,”ujar Kepala KUA.

Kepala KUA Hiliran Gumanti menambahkan bahwa kegiatan ini sangat penting mengingat peserta didik adalah generasi penerus bangsa Indonesia yang harus memiliki bekal dalam rangka membangun pondasi keimanan dan akhlak serta ini juga ikhtiar para pihak terkhusus Kementerian Agama dalam menyambut bonus demografi, menyiapkan generasi Indonesia emas tahun 2045.

Selain itu, Kepala KUA Berharap "penyuluh bisa bersinerjik dengan guru agama karena banyak persoalan kepada anak-anak sekarang, yang mana saat disuruh baca Al Qur’an tidak bisa dan ada yang terbata bata dalam membaca, ini yang kita takuti kedepannya. Dia pintar menghafal dan juga bisa membaca dan memahami baik makrajatul hurufnya," tutup Fauzi.

Sementara itu, Ketua FK PAI, Nofri Sumantri, S.Ag,Gr mengatakan dengan adanya MoU dengan Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam menjawab semua persoalan keagamaan bagi siswa SD se Kecamatan Hiliran Gumanti.

“ini dapat meningkatkan kemampuan baca tulis alqur’an untuk peserta didik, peserta didik bisa beribadah dengan benar menurut hukum fiqih, serta memiliki karakter dan akhlak yang qur’ani,”ucapnya.

Acara lounching ditutup dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara KUA Hiliran Gumanti dengan Ketua FK PAI Kecamatan Hiliran Gumanti tentang Pembinaan Keagamaan. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: Fauzi