Kuli Bangunan Hingga Menjadi PPPK Kemenag Pasaman

Tidak hanya menjadi Penyuluh Agama Islam saja yang ditekuni, ternyata kuli bangunan juga pernah dilakoni.

Deni Fadly, sosok Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS Kecamatan Bonjol adalah diantara 92 orang yang diangkat menjadi PPPK Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.

Humas pun tertarik untuk mencari tahu figur yang pernah menerima Award sebagai PAI Non PNS teladan nasional tahun 2018 silam. Dan diharapkan bisa menginspirasi.

Ditemui Rabu (16/8), pria yang tidak asing di ranah Pasaman sebagai pendakwah, mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat berupa SK PPPK yang diterimanya kemarin (15/8).

Dalam perbincangan bersamanya, ia menceritakan suka citanya, yang dinanti-nanti bersama penyuluh dan tenaga honor lainnya akhirnya terjawab.

Kepada humas, Ia pun membuka sekelumit lembaran perjalanan karirnya, Sebelum ini, dirinya telah mengabadi sebagai PAI di ranah Bonjol sejak tahun 2012.

Ia mengaku sangat menikmati profesinya karena baginya merupakan tugas yang mulia berbaur bersama umat dan merangkul untuk taat kepada Sang Khalik.

Ketika ditanya tentang karir lain, Deni menjawab pernah menekuni sejumlah pekerjaan yang berbeda.

"Saya pernah menjadi tukang ojek, buruh ladang, agen mobil di Pekanbaru bahkan kuli bangunan, memasang kawat telepon di Rimbo Malampah", katanya sembari tersenyum.

Deni mengatakan juga pernah mencoba berdagang rempah-rempah hingga aksesoris di ibukota Jakarta.

Lanjut menceritakan, pernah berkecimpung di dunia pendidikan, mengajar di madrasah swasta MAS Bonjol dan menjadi Kepala pada MDTA serta PAUD di kecamatan lintas garis khatulistiwa ini.

"Tetapi itu semua saya bersyukur", tutur lelaki yang pernah menjadi garin masjid itu.

Beranjak dari pengalaman inilah yang menguatkan dirinya dalam menjalani hidup dan berkeluarga.

Diakhir, Deni menyatakan tekad untuk melaksanakan tusi dengan sebaik-baiknya sebagaimana amanah Gus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Gusman Piliang.

"Adanya SK melecut diri saya untuk terus mengabdi secara profesional dan menjadi Penyuluh yang menyejukkan umat", tutupnya.Ph_ysf


Editor: -
Fotografer: -