Lansia Kloter 5 PDG 154 Jemaah, Embarkasi Padang Maksimalkan Layanan Ramah Lansia

Padang, humas -- Pastikan pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Padang  berjalan lancar, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang  H Mahyudin didampingi Kabid Urusan Agama Islam H Edison  lakukan monitoring terhadap layanan Embarkasi Padang diruang tunggu Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Jum'at (17/05).

H Mahyudin tampak menyapa CJH yang berasal dari Provinsi Bengkulu ini, sambil mengecek layanan yang diberikan PPIH embarkasi Padang selama di ruang tunggu BIM hingga jemaah berangkat menuju Madinah.

Kepada PPIH yang sedang bertugas disana, H Mahyudin menyampaikan bahwa PPIH Embarkasi memiliki tugas dan tanggung jawab  memberikan  pembinaan, pelayanan umum, bimbingan ibadah, pelayanan kesehatan, dan perlindungan terhadap jemaah haji.

" Berikan layanan yang terbaik untuk CJH dan layani dengan ikhlas karena secara hakikatnya kita sedang melayani tamu-tamu Allah yang begitu tinggi nilainya", ungkap Kakanwil.

Kakanwil meminta petugas memberikan layanan prioritas kepada CJH lansia  karena tahun ini tangline penyelenggaraan ibadah haji masih haji ramah lansia.

" alhamdulillah setelah kita cek, diruang tunggu BIM, fasilitas untuk orang tua kita yang sudah lansia telah tersedia seperti kecukupan kursi roda, toilet disabilitas pun ada dan dalam layanan lainnya mereka lebih diutamakan", ungkap Kakanwil.

Untuk layanan lainnya, tampak saat CJH mau menaiki pesawat, beberapa kali  salah seorang petugas menggendong jemaah lansia yang kesulitan untuk menaiki tangga dan petugas lainnya berupaya memayungi CJH agar tidak terkena langsung terik panas matahari menjelang naik pesawat.

Dari 393 jumlah jemaah haji kloter ini, jumlah jemaah haji lansia atau berusia diatas 65 tahun adalah  154 orang dengan jemaah tertua Baharudin Senakim Damuk umur 90 Tahun.

CJH Kloter 5 Padang berjumlah 393 orang yang terdiri dari 385 jemaah, 3 TPHD dan 5 petugas Kloter . Jemaah berasal dari Kab. Bengkulu Selatan 136, Kab. Rejang Lebong 236, Kota Bengkulu 9, Kab. Seluma 2, Kab. Kaur 1 dam Kab. Bengkulu Tengah 1.

Kloter ini diketuai oleh Mulyadi Dahari Muad, pembimbing ibadah Bahtiar Iman Amri dokter Wiwit Rahayu Suratman dan Paramedis Firlina Susanti Mukhtar, Hermawan Slamet Bambang.

Jemaah haji kloter 5 PDG ini diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER dengan nomor penerbangan GIA 3305 pada pukul : 15.25 WIB dan sesuai rencananya akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 27 Juni 2024 tiba di BIM pukul 14.45 WIB. rzk
 


Editor: rzk
Fotografer: ef