Lantik Enam Pejabat Administrator, Kakanwil: Jabatan Itu Amanah Jangan Dikejar

Padang (Humas) - Karir tidak serta merta datang begitu saja. Tapi membutuhkan kinerja yang baik dan kolaborasi yang baik. Mutasi, promosi dan rotasi dijajaran ASN merupakan sebuah hal yang wajar, sebuah keniscayaan dalam lingkungan ASN. 

Hal itu ditegaskan Kakanwil H Mahyudin saat melantik para pejabat administrator atau pejabat struktural eselon III Kemenag Provinsi Sumbar di Aula Amal Bhakti I Kanwil Kemenag Sumbar, Jum’at (20/09/24).

Momen itu dinilainya sebagai penyegaran, promosi yang hakikatnya adalah bagaimana roda organisasi yang besar ini bisa berjalan dengan baik.

“Untuk memaksimalkan hal itu makanya ada rotasi, mutasi dan promosi,” katanya.

Hari ini setelah perjalanan yang cukup panjang, diketahui seiring ada pejabat yang sudah memasuki purna tugas di beberapa daerah. Sehingga, untuk mengisi kekosongan yang masih ada, hari ini perlu menyelesaikan satu tugas untuk menggerakkan kembali roda organisasi agar berjalan maksimal dengan wajah baru.

Dan sepatutnya aparatur dituntut terus meningkatkan kinerja. Setiap aparatur terlebih lagi pejabat diwajibkan untuk membuat laporan e-kinerja.

Untuk itu, e-kinerja tersebut harus dijalankan oleh para pejabat dan aparatur fungsional dan pelaksana dengan optimal. Dengan hal itu akan dijadikan sebagai indikator untuk mengukur dan melihat sejauh mana kinerja seorang aparatur.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah menyelesaikan satu tugas yang sangat penting, dalam rangka kinerja semakin meningkat untuk Kemenag di masa mendatang,” ungkapnya.

Teristimewa Kakanwil menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik menjadi pejabat administrator atau pejabat eselon III.

 “Ini adalah wajah wajah baru yang akan melahirkan kinerja yang lebih baik di masa mendatang. Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang sudah dilantik. Saya berjanji akan melihat kinerja saudara satu tahun kedepan, untuk kembali kami lakukan evaluasi,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya meyakini dengan jabatan baru dan semangat baru, upaya upaya dalam melaksanakan program Kemenag bisa terlaksana dengan baik.

H Mahyudin meminta dukungan dari para senior yang bisa memberikan kontribusi pemikiran dan ide kepada para pejabat yang baru dilantik. 

“Mungkin kepada para senior, bisa memberikan petuah petuah dan petunjuk dengan pengalaman selama menjadi pejabat kepada pejabat yang masih tergolong baru dalam berkinerja.” Terangnya.

Selain itu, termasuk juga para Ibu dharma wanita untuk terus mendorong para suami untuk bekerja lebih baik. Sehingga Kemenag bisa dipimpin para pemimpin yang berkinerja dan berintegritas.

Pihaknya juga menyebut masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk itu Ia mengingatkan kembali bahwa ketika sudah menandatangani kontrak kinerja dengan Menteri Agama, maka harapannya semua kontrak kinerja yang sudah dijabarkan, bisa terus direalisasikan paling lambat diawal Oktober 2024 ini.

“Untuk itu kepada Pejabat yang baru dilantik, segera menyesuaikan diri ditempat yang baru dan segera bergerak melaksanakan perjanjian kinerja yang belum terlaksana disatker masing masing. Jabatan ini adalah manah. Jabatan tidak perlu dikejar, jabatan hanya ditunggu berdasarkan kebijakan pimpinan.” Tegasnya.

Menurut Mahyudin ada dua hal yang mendasari terjadinya prosesi pelantikan hari ini. Pertama, perhatian dari pimpinan dengan kata lain kinerja yang dilakukan dinilai sudah memberikan yang terbaik. Kedua sunnatullah, sudah ketentuan dari Allah SWT.

Secara pribadi, sejak awal pihaknya mengungkapkan tidak pernah menyangka akan diberi amanah menjadi Kakanwil. Terlebih lagi hingga hari ini diamanahi untuk menjadi Kakanwil di Provinsi Sumbar.

“Bapak bapak yang hari ini dilantik, mungkin saja yang bisa duduk pada jabatan sekarang banyak yang mampu dan dianggap bisa, tapi menurut ketentuan Allah SWT yang hari ini di Lantik. Semoga ini bisa dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT dan dihadapan manusia.”tutupnya.

Hadir sebagai saksi Kabid Penmad H Hendri Pani Dias dan Kabid Penaiszawa H Yufrizal, jajaran Kepala Bidang, Para Pembimas, Kepala Kankemenag se-Sumbar, Ketua Tim, jajar DWP Kankemenag Kabupaten/Kota, JFT dan JFU lingkup Kanwil Kemenag Sumbar.(vera)

Diambil sumpah oleh Kakanwil, dan sebagai Rohaniawan Ihsanul Fikri, berikut nama nama pejabat administrator atau pejabat struktural eselon III Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang telah dilantik:

- Kakankemenag Kota Payakumbuh H Joben, dilantik menjadi Kabid Papkis Kanwil Kemenag Sumbar

- Kasubbag TU Padang Pariaman Mukhlis menjadi Kepala Kankemenag Kota Padang Panjang

- Ketua Tim Sarana dan Pra Sarana KUA Bidang Urais Kanwil Kemenag Sumbar Yosep Chairul menjadi Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar

- Kasi PHU Kankemenag Kota Padang H Hendri Yazid menjadi Kakankemenag Kota Payakumbuh

- Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumbar H Edison menjadi Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar

- Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman H Fitriyoni menjadi Kakankemenag Solok Selatan.


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR