Lantik Tiga Kakan Kemenag, Helmi: Jabatan Kesempatan untuk Menebar Kebaikan bagi Bangsa dan Agama

Padang, Humas--Jabatan adalah amanah yang harus dijalankan dengan totalitas dan profesionalitas. Jabatan juga kesempatan bagi pejabat Kementerian Agama untuk menebarkan kebaikan bagi bangsa dan agama.

Hal ini ditekankan Kepala Kantor (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Helmi saat pelantikan pejabat administrator (setara eselon III) dilingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, Selasa (19/9) di Padang.

Hadir Dalam Pelantikan ini Ketua Dharma Wanita, Nazifah Helmi, Kepala Bagian Tata Usaha, Miswan, Kepala Bidang Penmad Hendri Pani Dias sekaligus sebagai saksi, seluruh Kepala Bidang, Pembimas, Kepala Kankemenag se Sumatra Barat dan ASN di Lingkungan Kanwil Sumatra Barat.

Dalam kesempatan itu, kepada pejabat yang dilantik Kakanwil berpesan agar menjalankan roda birokrasi dengan sebaik-baiknya. ”Lakukan langkah-langkah strategis demi tercapainya target kinerja setiap tahun anggaran untuk peningkatan manajemen yang baik, cepat, tepat, dan efektif,” ungkapnya.

”Sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya rotasi, mutasi dan promosi jabatan merupakan pakaian bagi seorang pegawai negeri sipil. Hal biasa dan lumrah yang harus dimaknai untuk kepentingan organisasi,” kata putra Bungus ini.

Hal ini lanjut Helmi untuk memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan terutama untuk kesempurnaan pelaksanaan pelayanan publik.

Untuk itu, Kakanwil menekankan, setiap pejabat yang dilantik harus memiliki wawasan luas. Hal ini untuk membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) maupun rencana strategis (Renstra).

”Saat ini Kementerian Agama tengah melakukan reposisi demi meningkatkan efektifitas dan akselerasi birokrasi dalam menjalankan fungsi layanan. Tujuannya memperkuat akselerasi mobilitas birokrasi sesuai dengan target capaian sebagai respons atas dinamika sosial,” ujarnya lagi.

Kakanwil juga mengingatkan Kakan Kemenag agar menjaga stabilitas kerukunan umat beragama. Terutama dalam menghadapi  tahun politik yang akan berjalan di Indonesia.

“Kita perlu waspada dan hati-hati serta ikut memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas, kenyamanan, keamanan dan keselarasan terutama pada tahun politik yang sedang dan yang akan kita rasakan,” pesan Helmi mengingatkan.

Melihat hal itu sambung Helmi, kami berharap kepada saudara-saudara yang baru dilantik agar segera menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Kemudian secepatnya dapat menyelesaikan tugas-tugas ditempat yang lama dan segera diserahterimakan.

“Saya percaya saudara bisa dan sanggup melaksanakan tugas-tugas yang baru diemban. Membangun program-program sebagaimana yang diharapkan untuk kemaslahatan masyarakat. Memberikan pembinaan kepada semua satker dengan penuh amanah dan tanggung jawab,” pungkas Kakanwil. Rinarisna


Editor: -
Fotografer: -