Legislator Apresiasi Kanwil Kemenag Sumbar, Mampu Penuhi Kuota Haji

Padang - Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis mengapresiasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat (Sumbar) atas keberhasilannya memenuhi kuota haji tersebut. Dapat dipastikan tidak ada kursi kosong (open seated). 

Seluruh calon jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Kota Padang pada tahun 2024 ini sesuai dengan ketersediaan kuota. "Kami apresiasi Kanwil Kemenag Sumbar, juga tak lupa Garuda Indonesia yang jadi maskapai untuk haji ini," terang John ditemui usai peninjauan di Asrama Haji Padang, Sumbar, Rabu (22/5/2024).

Kunjungan kerja ini ialah upaya pengawasan dari Komisi VIII dalam meninjau embarkasi haji di Asrama Haji Kota Padang yang melepas calon jemaah haji kloter ke-9. "Kami beryukur sebab setelah menunggu cukup lama akhirnya Bapak/Ibu mendapat kesempatan untuk menunaikan rukun Islam yang kelima, yakni Ibadah Haji," ujar Legislator Dapil Sumbar II ini saat memberikan sambutan jelang pelepasan jemaah haji.

Sebelum keberangkatan jemaah calon haji, John berpesan kepada seluruh Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) Embarkasi Padang agar melayani jamaah dengan sebaik-baiknya. Dimana tahun ini tema pelayanan jemaah haji masih Haji Ramah Lansia. 

Untuk diketahui, jumlah jemaah yang berangkat dari Kota Padang tahun ini berjumlah 6.592 orang. Sebanyak 4.806 orang dari Sumbar dan 1.702 orang dari Provinsi Bengkulu.

Dari informasi yang diperoleh Komisi VIII, sebelumnya jemaah haji embarkasi Padang kloter pertama sudah berangkat ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024 dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Namun, satu hari sebelum keberangkatan, jamaah calon haji terlebih dahulu diinapkan di Asrama Haji, Tabing Padang.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Mahyudin saat mendampingi kunjungan kerja inu menyebutkan terdapat 17 kloter jemaah haji Embarkasi Padang. Rinciannya 12 kloter jamaah asal Sumbar, empat kloter jamaah Bengkulu, dan satu kloter jamaah gabungan.

 


Editor: rzk
Fotografer: istimewa