Bukittinggi,Humas--Dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bukittinggi mengikuti Exit Meeting Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag Republik Indonesia.
Diikuti secara virtual dari Aula Kantor Kemenag setempat.
Senin, 28 April 2025.
Kegiatan ini diikuti dihadiri langsung oleh Kepala Kantor, H. Eri Iswandi selaku Penanggung Jawab Pembangunan Zona Integritas (ZI). Turut mendampingi, Kasubbag Tata Usaha Hj. Tri Andriani Djusair selaku Ketua Tim Kerja Pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) serta koordinator dan anggota Tim ZI dilingkungan Kemenag Kota Bukittinggi.
H. Eri Iswandi menegaskan bahwa evaluasi ini merupakan bagian penting dari sistem pengendalian intern pemerintah, yang bertujuan untuk menilai efektivitas pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah, khususnya dalam lingkungan Kementerian Agama.
“Exit meeting ini bukan sekadar penutupan proses evaluasi, melainkan momentum untuk melihat sejauh mana capaian kinerja kita sesuai dengan prinsip akuntabilitas yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.
Evaluasi AKIP menjadi salah satu instrumen untuk memastikan bahwa setiap kegiatan dan anggaran yang digunakan oleh instansi pemerintah memberi manfaat nyata kepada masyarakat serta mendukung reformasi birokrasi yang sedang dijalankan.
Kasubbag TU Hj. Tri Andriani Djusair menyatakan bahwa hasil evaluasi ini akan menjadi bahan penting dalam penyusunan strategi lanjutan, terutama untuk memperkuat komitmen pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kemenag Bukittinggi.
“Rekomendasi yang disampaikan akan segera kami tindak lanjuti sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan melayani,” jelasnya.
Ia juga menambahkan bahwa pencapaian ZI menuju WBK dan WBBM bukan sekadar target administratif, tetapi merupakan transformasi budaya kerja yang mengedepankan integritas, pelayanan prima, dan tata kelola pemerintahan yang baik.
Dengan semangat evaluasi dan perbaikan, Kantor Kemenag Bukittinggi berkomitmen untuk terus berbenah, memperkuat sistem kerja berbasis kinerja, serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.
(Andreas)