Madrasah Aliyah di Kabupaten Solok Siap Tampung Lulusan MTs dan SMP

Koto Baru, Humas- Tahun ajaran 2023/2024 segera berakhir seiring dengan datangnya tahun ajaran baru, madrasah dilingkup Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Solok juga tengah bersiap melakukan penerimaan siswa baru.

Namun masih banyak yang belum tahu dengan perubahan nama madrasah negeri yang semula memakai nama nagari tempat keberadaannya, sekarang berganti dengan nomor sesuai urutan tahun pendirian / penegeriannya yang merujuk pada Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 675 tahun 2016 yang efektif diberlakukan pada tahun 2017. Berikut nama-nama madrasah negeri di kabupaten Solok dan alamatnya.

Madrasah Aliyah

MAN 1 Solok Plus Keterampilan, sebelumnya dikenal dengan nama MAN Koto Baru Solok yang bermula dari PGA 6 tahun kemudian menjadi PGAN Koto Baru dan ditahun 1990 menjadi MAN Koto Baru. Ribuan alumninya tersebar di seantero nusantara dengan beragam profesi.

Kini sebagai madrasah Plus Keterampilan, MAN 1 Solok membekali siswanya dengan beragam skill, diantaranya multimedia, robotic, tata busana dan tata boga.

Madrasah yang terletak di jalan Guguak Panjang jorong Bawah Duku nagari Koto Baru kecamatan Kubung ini mendidik siswa dengan jurusan ilmu agama, ilmu sosial dan ilmu keagamaan.

Sedangkan madrasah aliyah swasta yang terdekat dengan MAN 1 Solok Plus Keterampilan adalah MAS Nurul Maulid Muaro Paneh, MAS Nurul Amal Cupak, MAS Gantung Ciri dan MAS PP Rohis Muaro Paneh.

Umurnya masih terbilang muda, MAN 2 Solok yang mengawali debutnya dari MAS Singkarak kemudian dinegerikan dengan nama MAN X Koto Singkarak. Madrasah ini juga telah menorehkan beberapa prestadi, diantaranya Adiwiyata Nasional dan Sekolah Sehat tingkat Sumbar.

Terletak di jalan Lintas Sumatera Solok - Padang Panjang, nagari Singkarak, MAN 2 Solok siap menampung lulusan SMP dan MTs. 

Madrasah Aliyah terdekat adalah MAS PP Darussalam Sumani, MAM Saningbakar, MAS PSA Sulit Air dan MAM Sulit Air.

MAN 3 Solok yang terletak di nagari Alahan Panjang, usianya masih terbilang muda. Namun keberadaannya mampu menamnpung peminat pendidikan agama / madrasah dari kecamatan Lembah Gumanti, Hiliran Gumanti, Pantai Cermin dan Danau Kembar. Memiliki lahan yang cukup luas untuk pengembangan fasilitas madrasah kedepannya.

Selain Madrasah Aliyah Negeri, ada sepuluh madrasah swasta di Kabupaten Solok yang siap menampung lulusan SMP / Tsanawiyah. Untuk madrasah Tsanawiyah akan dibahas dalam tulisan berikutnya. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi