Malam Ke-22, TSR Pemda Bersama Kemenag Kab. Solok Kunjungi Masjid Raya Baiturrahman

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM bersama Tim Safari Ramadhan (TSR) Kabupaten Solok kunjungi Masjid Raya Baiturrahman Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti. Senin, (01/04).

TSR ini dipimpin langsung Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda Dt. Sutan Majo Lelo didampingi Sekda Kabupaten Solok, Medison, S. Sos, M. Si, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Bupati, Kepala OPD,  Kepala Bagian Lingkup Sekretariat Daerah Kab. Solok, Camat Lembah Gumanti, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lembah Gumanti, Zulhelmi, S.Ag, MH, Forkompimcam, Wali Nagari Alahan Panjang, Dahri, SH, Walinagari se-Kecamatan Lembah Gumanti, Kepala KAN dan BPN Alahan Panjang, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh-tokoh dan Pengurus Masjid Raya Baiturrahman serta Masyarakat Alahan Panjang.

Safari Ramadan 1445 H ini diawali dengan buka puasa bersama di Masjid Raya Baiturrahman Alahan Panjang dan dilanjutkan dengan salat maghrib dan Isya serta salat Tarawih berjemaah.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM dalam tausiyah agama pada malam ke-22 ramadan itu yang menyoroti pentingnya amalan-amalan kecil yang dapat mendekatkan diri kepada Allah, seperti menjaga wudhu dan sholat sunnat 2 rakaat serta selalu dalam keadaan suci dan bersedekah.

“Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: ”Barang siapa berwudhu dan membaguskan wudhunya (menyempurnakan wudhu dengan memperhatikan fardhu dan sunah-sunahnya), maka keluarlah dosa-dosa dari jasadnya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya”. (HR Muslim),”tutup Kakankemenag.

Seorang muslim yang menjaga wudhunya, menyempurnakannya, dan memperbanyak amalnya, akan menjadi ahli iman pada hari kiamat kelak.

Sebelumnya Pengurus Masjid, Yulisman pada sambutan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati beserta Tim Safari Ramadan Kabupaten Solok yang telah menjadikan Masjid ini menjadi tujuan pada agenda safari Ramadan pada tahun ini.

“Kedatangan Bapak Bupati beserta rombongan membawa bantuan untuk masjid ini, dan kami berharap kedepannya terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Solok.”ucapnya.

Yulisman melaporkan pembangunan masjid ini sampai saat sekarang itu berupa pembangunan tempat sholat di bagian belakang dan pembangunan untuk wc, Kami sangat membutuhkan untuk kelanjutan pembangun wc di masjid kami ini karena wc di masjid kami ini tidak memiliki sekat sekat dan kami juga memohon bantuan untuk pembangunan pagar di sekeliling masjid serta pengecoran halaman masjid.

Sementara itu, Bupati Solok Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar dalam Arahan mungucapkan rasa syukurnya.

”Alhamdulillah ini merupakan malam ke-22 bulan Ramadan, tak terasa waktu berjalan semoga semua amalan yang telah kita kerjakan dapat bernilai ibadah di sisi Allah SWT,"Ujar Bupati.

Selain itu, Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, mengajak semua untuk memperbanyak amal kebaikan di bulan suci Ramadhan. Epyardi Asda juga menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Solok dalam memajukan sektor pariwisata, dengan menjadikan Alahan Panjang sebagai salah satu destinasi wisata religius yang utama.

Diakhir kunjungan Bupati menyerahkan bantuan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok berupa Uang sebesar Rp.10.000.000,- dan juga untuk 3 Masjid dan Mushola di Nagari Alahan Panjang masing-masing 10.000.000,-. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: N.DY