Malam Ta'aruf MTQ XL tahun 2023, Kakanwil Kemenag Sumbar: Bentengi Umat dengan Membumikan Al-Quran

Padang Aro, humas -- Malam ta'aruf merupakan rangkaian awal pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023, yang berlangsung 11-18 November, Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin menyampaikan kata Berbagai pada momen ini di halaman kantor Bupati Solok Selatan, Senin malam (11/12).

Hadir dalam kegiatan yang merupakan sarana perkenalan dan kebersamaan antara khafilah tersebut, Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Biro Kesra Setda Al Amin, Bupati Solok Selatan Khairunnas, , perwakilan peserta dan pejabat dari 19 kabupaten/kota , dewan pengawas, dewan hakim, panitera serta tim operator DIA.

Tampak juga hadir, Ketua LPTQ Sumatera Barat HM Ridho, Ketua DWP Kemenag Sumbar Hj. Rosnimar Mahyudin, Kakan Kemenag Kabupaten/Kota, Ketua LPTQ Kabupaten/Kota, Ketua DWP Kemenag Kab/Kota Se-Sumbar serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Solok Selatan.

Kakanwil dalam kata Berbagai nya menyampaikan malam taaruf merupakan malam berbahagia, malam keakraban antar kafilah MTQ Nasional.

Kakanwil juga Menyebutkan kegiatan MTQ Nasional merupakan kegiatan yang sangat penting dalam membumikan Al Qur'an sebagai pedoman dalam kehidupan.

“Beberapa hari ke depan di Kabupaten Solok Selatan akan terselenggara kegiatan yang sangat penting yakni kegiatan MTQ Nasional ke 40 tingkat Sumatera Barat sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan membentengi generasi dalam menghadapi penyakit maksiat”, ungkap Kakanwil.

Penyakit masyarakat seperti penyalahgunaan narkoba, perjudian, zina dan lainnya disebut Kakanwil merupakan tantangan bagi generasi muda dalam menggarungi termasuk tantangan kehidupan dalam mewujudkan pembangunan Nasional.

Maka salah satu upaya yang bisa kita lakukan dalam rangka membentengi itu adalah dengan mendekatkan generasi kita, anak bangsa kita kepada Al Qur'an, sebut Kakanwil.

Kakanwil juga mengapresiasi program kabupaten Solok Selatan yakni program pencanangan menjadikan satu jorong berdiri satu rumah tahfidz.

“Kita mengapresiasi program dari Kabupaten Solok Selatan yang luar biasa, dengan mencanangkan setiap jorong untuk berdirinya rumah tahfidz dan kita berharap Kabupaten dan Kota lainnya dapat menauladaninya,” terang Kakanwil.

Bupati Solok Selatan dalam hantaran kata merayakan selamat datang kepada kafilah-kafilah MTQ Nasional yang sudah mulai berdatangan sejak hari Minggu kemarin dan Ia berharap persiapan yang sudah dilakukan secara matang kiranya dapat memberikan rasa nyaman dan kesan yang baik.

Malam ta'aruf MTQ Nasional kali ini dimulai dengan penyerahan bendera LPTQ Sumbar oleh Ketua Harian LPTQ Sumbar kepada Bupati Solok Selatan juga dimeriahkan dengan penampilan dari artis Khairat KDI, Haflah dari tim LPTQ Sumbar dan ditutup dengan penyerahan maskot MTQ Nasional oleh Bupati Solok Selatan kepada Ketua LPTQ Kabupaten/Kota Se-Sumbar. rzk


Editor: -
Fotografer: -