MAN 1 Kota Bukittinggi Juara 1, 2 dan Harapan 1 Pada Ajang OBA Nasional Tingkat Kota

Bukittinggi, MAN 1 Kota Bukittinggi --Tiga orang siswa MAN 1 Kota Bukittinggi meraih Juara 1, 2 dan harapan 1 pada ajang Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional ke-6 tahun 2023 tingkat Kota Bukittinggi. Mereka adalah Rafael Naufal Fase F.1.2 , meraih Juara 1,  Annisa Rahman, kelas XII PK 1, meraih Juara 2 dan Bintang Ikhwan kelas XII PK 1 meraih juara harapan 1. 

Pengumuman ini disampaikan dalam pada surat keputusan panitia pelaksana OBA forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia, PilarbangNews, Selasa (22/08/2023). Dalam SK pengumuman yang ditanda tangani oleh Ahmad Irfain, ketua panitia OBA 2023 tersebut ditetapkan bahwa hasil OBA Nasional ke-6 2023 tingkat kab/kota, peraih juara 1, 2 dan 3 tiap-tiap kategori, sekaligus berhak mengikuti OBA Nasional tingkat Provinsi. 

Perjuangan tingkat Kota sementara selesai, maka selanjutnya dua dari tiga orang pemenang OBA tingkat Kota akan melaju mewakili Kota Bukittinggi pada  ajang OBA tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar pada 23 September 2023 mendatang. 

Rafael dan Annisa bersiap untuk mengikutinya dibawah bimbingan ustad dan ustadzah guru bahasa Arab MAN 1 Kota Bukittinggi, Meri Hayati, S.Pd. Anas Lubuk, M.Pd., Linda Ely Yano, S.Ag, Feri Hendra, M.Pd. dan Marisa, S.Pd.I.

Kepala MAN 1 Kota Bukittinggi, Irsyad, M,Pd. mengapresiasi hasil yang diraih anak didiknya. “Tahun ini merupakantahun ke enam MAN 1 Kota Bukittinggi mengikuti ajang OBA Nasional, dan Alhamdulillah setiap tahunnya utusan MAN 1 Kota Bukittinggi meraih nilai tertinggi ditingkat Kota, dan diperhitungkan di tingkat Propinsi serta pernah meraih juara 2 Nasional”. “Tahun ini kita berharap supaya Rafael dan Annisa bisa mempertahankan dan melanjutkan prestasi kakak-kakaknya bisa meraih kesuksesan dan memenangi pertandingan pada Olimpiade Bahasa Arab di tingkat Provinsi, Amin, semoga dimudahkan Allah," tutupnya.

Kegiatan yang digelar oleh Forum MGMP Bahasa Arab tingkat Nasional mendapat dukungan penuh dari Kepala Madrasah beserta seluruh jajarannya.

Olimpiade Bahasa Arab  Nasional ini merupakan ajang yang digelar Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia bekerjasama dengan F-MGMP tingkat provinsi. Seperti biasa tahun ke- 6 ini memperlombakan 9 kategori jejang MA/SMA hingga MI/SD seluruh Indonesia. Setiap peserta mengikuti seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi hingga mewakili Provinsi ke tingkat Nasional. 

Kegiatan OBA-6 ini berlangsung dari pertengahan Juli lalu, saat pertama kali pengumuman lomba ditayangkan di whatsapp grup MGMP Propinsi. Informasi tersebut langsung direspon oleh guru bahasa Arab MAN 1 Kota Bukittinggi dengan membuka seleksi calon peserta. 

Seleksi peserta digelar secara daring dengan cara mengerjakan soal via google formulir. Dari tingkat madrasah kemudian berlanjut ke tingkat kota, dan sampai saat ini terpilihlah dua orang yang lolos masuk ke tingkat provinsi," ujar Meri, guru pembimbing. Semoga delegasi MAN 1 Kota Bukittinggi inibisa memperoleh hasil terbaik, tutupnya. ( Thalitha/Syafrial )


Editor: -
Fotografer: -