MAN 1 Solok PK Kembali Gelar The Rising Star Competition

Koto Baru, Humas - MAN 1 Solok Plus Keterampilan kembali menggelar ajang The Rising Star Competition (TRSC), Sabtu (20/1) yang dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli.

Ketua Panitia Fauzi Agus dalam laporannya menyampaikan TRSC tahun ini merupakan gelaran ke XIV sejak pertama kali digelar, peserta tahun sebanyak 18 SMP dan MTs se Kabupaten Solok.

Adapun cabang yang dilombakan adalah PBB beregu, Futsal, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade Matematika dan Olimpiade Bahasa Inggris.

"Untuk lomba PBB, jurinya kita undang langsung dari Kodim 0903 Solok," tutup Fauzi.

Kepala MAN 1 Solok Drs. Syukrizal, MM menyampaikan dalam sambutannya, TRSC ini digelar dalam rangka mendekatkan MAN 1 Solok Plus Keterampilan yang memiliki banyak keunggulan dengan siswa SMP dan MTs se kabupaten Solok.

"Kami ingin anak-anak kami yang tengah menempuh pendidikan di MTs dan SMP nantinya bergabung disibi untuk sama-sama menuai prestasi dan mengharumkan nama kabupaten Solok lewat prestasi akademik dan berbagai bidang keterampilan yang ada maupun ekstrakurikuler yang dapat dipilih oleh siswa," ujar Syukrizal.

Syukrizal juga memaparkan beberapa pencapaian MAN 1 Solok beberapa waktu terakhir, diantaranya kemajuan pembangunan Masjid Jabal Nur dan salah satu prestasi adalah juara nasional Robotik di Palembang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli yang membuka kegiatan ini mengapreasiasi kretifitas keluarga besar MAN 1 Solok dalam mensyiarkan madrasah ini ke seantero Kabupaten Solok.

Disampaikan oleh Kakan Kemenag, selain untuk silaturrahmi, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai ajang pemanasan KSM dengan memperlombakan olimpiade mata pelajaran serta ujicoba skiil dalam cabang Futsal dan PBB.

"Kami berharap, ananda yang ikut dalam lomba ini menjadi merajut ukhuwah islamiyah, meski bertajuk kompetisi namun hakekatnya ini adalah silaturrahmi," ujar Kakan Kemenag.

Pembukaan TRSC ke IV ini ditandai dengan pelepasan balon oleh Kakan Kemenag yang didampingi oleh Kepala MAN 1 Solok PK, Komite Madrasah, Wali Nagari Koto Baruy diwakili Kepala Jorong Bawah Duku dan Juri Lomba PBB dari Kodim 0309 Solok yang disaksikan oleh seluruh warga madrasah. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Dodi Waldi