MAN 1 Solok Plus Keterampilan Gelar Ujian Tahfiz bagi Siswa Kelas XII

Koto Baru, Humas - Jelang mengikuti ujian nasional tan pelajaran 2023/2024, 226 siswa MAN 1 Solok Plus Keterampilan mengikuti ujian komprehensif tahfiz, Senin (22/1).

"Insya Allah mulai hari ini hingga tiga hari kedepan, siswa kelas XII akan mengikuti ujian komprehensif hafalan Al Qur'an (tahfiz)," ujar Kepala MAN 1 Solok Drs. Syukrizal, MM saat membuka pelaksanann  ujian komprehensif Tahfiz ini.

Disampaikan oleh Syukrizal, meski menyandang prediket madrasah plus keterampilan, MAN 1 Solok tetap mengutamakan ilmu agama dan pendalamannya bagi setiap siswa. Setiap lulusan dituntut untuk hafal Al Qur'an minimal 3 Juz, yakni juz 1, juz 2 dan juz 30

Syukrizal menyebutkan, 226 siswa kelas XII ini terdiri dari jurusan IPA, IPS dan Ilmu Keagamaan, namun untuk hafalan Al Qur'an semua mempunyai kewajiban yang sama yakni hafal 3 juz.

"Target hafalan tiga juz ini sudah kita sampaikan sejak awal mereka mendaftar dan diterima di madrasah ini. Ini merupakan target minimal, ada juga yang sudah melebihi, karena disekolah atau madrsah sbekumnya juga sudah menjadi penghafal Al Qur'an," ulas Syukrizal.

Ditambahkannya, program dan target yang diberikan kepada siswa ini telah diketahui oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang mendukung penuh untuk terealisasi. Begitu juga dengan Komite Madrasah dan wali murid yang disampaikan waktu mendampingi calon siswa mendaftar ulang saat masuk ke MAN 1 Solok Plus Keterampilan ini.

Menutup sambutannya Syukrizal mengatakan bahwa hafalan yang diminta ini akan menjadi bekal bagi siswa nanti dunia akhirat.

"Jangan sekedar di hafal, hendaknya diketahui maknanya dan amalkan isinya," akan jadi pegangan di dunia dan penerang di akhirat nanti," pungkas Syukrizal.

Usai dibuka, para siswa akan mengikuti ujian dengan guru pembimbing dengan waktu selama 3 hari, julai hari ini hingga Rabu (24/1) nanti. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Dodi