MAN 2 Kota Padang Akan Helat ATS dan PTS Tahun 2023

Padang, humas -- MAN 2 Kota Padang akan menghelat Asesmen Tengah Semester (ATS) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) 1 tahun pelajaran 2023/2024. ATS dan PTS itu sendiri akan dilaksanakan pada 02 hingga 13 Oktober 2023 di kampus madrasah tersebut.

Kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi mengatakan, ATS dan PTS semester satu tahun pelajaran 2023 ini menjadi titik awal penilaian seorang guru terhadap anak didik 

dalam pencapaian kualitas materi ajar selama 3 bulan terakhir.

"Kegiatan ATS/PTS harus dilalui sesuai dengan kaedah. Kegiatan yang dilakukan 2 kali dalam setahun ini bernuansa evaluasi terhadap pencapaian hasil belajar," ungkapnya, saat rapat teknis bersama panitia dan pengawas ATS/PTS di Aula Abu Bakar Shiddiq, Rabu (27/09/2023).

Dia meminta masing-masing guru untuk menyiapkan soal sesuai tanggung jawab yang diberikan. Soal harus bernuansa literasi, numerasi yang berisikan soal- soal skolastik. Dengan soal itu, siswa akan dibiasakan memahami soal dengan membaca sampai selesai.

"Kita sudah dilatih membuat soal yang representatif yang berbentuk literasi, jangan ada istilah takut dalam membuat soal, tetapi jangan pula dianggap mudah. Soal yang dibuat bukan soal orang lain dan bukan pula dari LKS,"pinta Akhri Meinhardi.

Kepala Madrasah meyakini dan tidak meragukan lagi bahwa pendidik MAN 2 Kota Padang sudah terbiasa dan terlatih dalam membuat soal. Menurutnya, guru MAN 2 adalah guru profesional dan profesional pula dalam pembuatan soal.

Disamping itu, dia menekankan kepada peserta rapat, terutama wali kelas (walas) bahwa ujian tidak mempunyai hubungan dengan pembayaran dalam bentuk apapun. Menurutnya, semua siswa akan diberikan kartu password dan kartu ujian.

"Jangan dihubungkan dengan pembayaran apa apa, semua anak diberikan kartu password dan kartu ujian, maka kepada bapak ibu walas jalin komunikasi yang intens dengan orang tua untuk mendukung program pembelajaran," ungkap Akhri Meinhardi.

Dia juga meminta panitia dan pengawas, agar menjalankan tugasnya secara optimal. Hal ini dilakukan agar hasil ujian siswa yang diperoleh berjalan se objektif mungkin.

"Saat mengajar boleh terjalin chemistry dengan anak, tapi saat mengawas harus ada jarak, awasi anak dengan serius dan sungguh sungguh sehingga anak yang rajin tidak merasa dirugikan," tegasnya.

Untuk diketahui, Asesmen Tengah Semester ganjil diujikan bagi siswa kelas X yang menerapkan kurikulum merdeka, sementara Penilaian Tengah Semester ganjil bagi siswa kelas XI dan XII. ATS dan PTS itu sendiri akan diikuti 1.449 siswa MAN 2 Kota Padang. ArulDp 


Editor: -
Fotografer: -