MAN 2 Padang Akan Gelar Kemdikma di Camping Ground Sungai Sarik Pariaman

Padang, humas -- MAN 2 Kota Padang akan melaksanakan Kemah Pendidikan Madrasah (Kemdikma) bagi siswa kelas X. Kemdikma itu sendiri akan digelar 14 hingga 16 September 2023 di Camping Ground Nagari Sungai Sarik Padang Pariaman.

Kepastian itu disampaikan kepala MAN 2 Kota Padang, Akhri Meinhardi saat memimpin rapat teknis panitia Kemdikma tahun 2023 di Aula Abu Bakar Shiddiq kampus madrasah tersebut, Sabtu (09/09/2023).

Dalam kesempatan itu, Akhri Meinhardi menyampaikan bahwa kegiatan Kemdikma bertujuan untuk membentuk karakter siswa agar lebih mandiri dan bertanggung jawab.

"Kemah bukan hanya sekedar camping saja tapi bertujuan untuk menciptakan siswa yang kreatif, mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan," kata Akhri Meinhardi.

Selain itu, kata Akhri Meinhardi, Kemdikma juga bertujuan untuk menciptakan rasa solidaritas dan kasih sayang sesama siswa dalam menghadapi permasalahan. 

"Kalau ada anak sakit atau butuh pertolongan lainnya, anak saling membantu sesama, sehingga dengan hal itu terjadi hubungan sosial yang baik antar siswa," sambungnya.

Kepala Madrasah meminta panitia untuk melaksanakan tugas sesuai fungsi yang diberikan. Ia juga meminta seluruh panitia untuk menyukseskan agenda tahunan madrasah tersebut.

"Setiap kegiatan harus direncanakan, harus dikonsep sesuai kebutuhan masing-masing siswa. Termasuk walas dan pendamping harus betul-betul memperhatikan apa yang perlu dibawa siswa," ujar Akhri Meinhardi.

Sementara itu, ketua panitia Kemdikma tahun 2023, Yuliasman menyebut perubahan nama dari Perjusami (Perkemahan Jum'at Sabtu Minggu) ke-Kemdikma adalah berdasarkan evaluasi terhadap pelaksanaan perjusami pada tahun 2022.

Yuliasman mengungkapkan, salah satu kelemahan Pramuka Wajib dilaksanakan Jumat - Minggu adalah menjadi penyebab siswa untuk tidak masuk belajar dengan alasan letih maupun sakit.

"Makanya kita ambil keputusan, Pramuka Wajib tidak dilaksanakan lagi hari Jum'at - Minggu tapi dimulai hari Kamis hingga Sabtu. Hari Minggu mereka bisa istirahat, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak masuk belajar hari Seninnya," ucap Yuliasman.

Untuk peserta, dia menyebut Kemdikma 2023 diikuti 461 siswa dengan 13 rombel (rombongan belajar). Sementara panitia melibatkan 93 orang yang terdiri dari, 67 panitia guru/pegawai serta 26 wali kelas dan guru pendamping. ArulDp 


Editor: -
Fotografer: -