Manasik Haji Tingkat Kecamatan,Kakankemenag Ingatkan Jamaah Untuk Sabar Dan Bertaubat sebelum Berangkat Haji

Payakumbuh,Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben menjadi pemateri pada Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Kota Payakumbuh,Selasa (30/4/2024)

Dalam pemaparannya H. Joben menyampaikan tentang rencana perjalanan Ibadah haji 1445 H /2024 M mulai dari proses kedatangan jamaah haji di asrama haji,proses keberangkatan ke tanah suci,penempatan jamaah ditanah suci termasuk akomodasi yang didapatkan jamah haji sampai dengan proses pemulangan jamaah haji kembali ke tanah air.

Pada kesempatan ini H. Joben menekankan begitu pentingnya persiapan lahir dan bathin jamaah haji,sebab ibadah haji bukan hanya membutuhkan kesiapan fisik yang kuat tetapi juga membutuhkan mental dan spritual yang baik.

Juga disampaikan selama ditanah suci untuk selalu sabar dan menjauhi nafsu amarah dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji,meluruskan niat bahwa melaksanakan ibadah haji semata-mata untuk memenuhi dan mengharapkan ridha Allah SWT,imbuhnya.

Sebelum mengakhiri materinya,H. Joben menganjurkan kepada seluruh jamaah haji untuk segera bertaubat sebelum berangkat menunaikan ibadah haji.

"Bapak dan ibuk,kita semua tidak luput dari segala kesalahan dan dosa,untuk itu sebelum melaksanakan ibadah haji bertaubatlah dari segala kesalahan yang telah kita perbuat,memohon ampunan kepada Allah dengan menyesali segala kesalahan yang telah kita perbuat,berjanji untuk tidak mengulangi segala kesalahan dan dosa tersebut serta mengganti segala kesalahan dosa yang diperbuat dengan amal kebaikan,semoga sekembalinya dari melaksanakan ibadah haji akan mendapatan haji yang mabrur"pungkasnya.

Untuk diketahui pelaksanaan Bimbingan Manasik haji Tingkat Kecamatan di Kota Payakumbuh dilaksanakan pada tiga lokasi berbeda.Untuk Kecamatan Payakumbuh Barat dilaksanakan di Masjid Istiqomqh Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat.

Untuk Kecamatan Payakumbuh Utara yang digabung dengan Kelamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) dilaksanakan pada Masjid Baiturrahim Padang Kaduduak Kec. Payakumbuh Utara.Sedangkan untuk Kecamatan Payakumbuh Timur yang digabung bersama Kecamatan Payakumbuh Selatan,dilaksanakan pada masjid Muhsinin Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur.

Jumlah jamaah haji Kota Payakumbuh untuk musim haji 1445 H / 2024 M adalah sebanyak 228 orang jamaah yang tergabung dalam Kloter X Gelombang Dua bersama jamaah haji Kota Pdang PanjangKota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang direncanakan menuju Embarkasi Padang pada tanggal 22 Mei 2024 dan terbang menuju tanah suci pada tanggal 23 Mei 2024.(Algeri)


Editor: -
Fotografer: Busra Algeri