MATSAMA MTsN 2 Bukittinggi di Buka Secara Resmi Kakan Kemenag 

 

Bukittinggi -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi buka secara resmi Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTsN 2 Bukittinggi, Selasa (16/07).

Kegiatan ini mengawali tahun ajaran sebagai momentum Inspiratif para Siswa Baru. Merupakan salah satu agenda wajib bagi siswa kelas VII yang baru memasuki lingkungan madrasah. Siswa MTsN 2 Bukittinggi yang mengikuti matsama ini sebanyak 256 orang yang dibagi menjadi delapan gugus yang dilaksanakan selama empat hari kedepan.

Pada kesempatan tersebut Kakan Kemenag H. Eri Iswandi memberikan arahan dan materi tentang Moderasi Beragama “Kita harus mampu meningkatkan disiplin, saling menghargai, dan tidak ada yang melakukan aksi perundungan,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi ini dalam amanatnya.

H. Eri Iswandi juga menyampaikan bahwa moderasi beragama sangat penting dijelaskan kepada siswa agar tidak salah penafsiran apalagi dalam hidup bermasyarakat. Beliau juga meminta agar MATSAMA ini tidak ada tindakan perpeloncoan. 

Pembukaan secara resmi dilakukan dengan pengalungan secara simbolis tanda pengenal yang langsung dikalungkan oleh Kakan Kemenag Kota Bukittinggi.

Kegiatan MATSAMA berisi berbagai materi yang sifatnya mengenalkan siswa baru dengan “rumah barunya” yaitu MTsN 2 Bukittinggi secara lebih dekat. Adapun beberapa materi yang didapatkan oleh peserta matsama adalah sejarah MTsN 2 Bukittinggi, kurikulum, kesiswaan, ekstrakurikuler, moderasi beragama, dan etika digital. Semua materi itu disampaikan oleh pemateri intern madrasah. 

Selain itu, juga ada materi khusus yang disampaikan oleh pemateri yang kompeten di bidangnya dan sengaja didatangkan dari luar madrasah. Adapun materi tambahan tersebut adalah Sekolah Ramah Anak yang langsung diberikan oleh pemateri dari PISA Taman Baca Mutiara Hari, Kementerian PPA RI, juga ada PBB yang langsung diberikan oleh Purna Paskibara Indonesia Kota Bukittinggi,  Motivasi dan muhasabah yang diberikan oleh trainer yang berkompeten dan ditutup oleh Roadshow yang dilakukan oleh dinas PPA Kota Bukittinggi.

Beberapa materi yang disajikan dalam kegiatan matsama diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap nasionalisme, tanggung jawab, dan cinta terhadap madrasah. 

Kepala MTsN 2 Bukittinggi, Fakhri yang ditemui di ruangannya mengatakan bahwa kegiatan matsama ini sangat penting bagi siswa baru agar mereka dapat mengenal lebih dekat dengan madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan, serta lingkungan madrasah. Terlihat wajah ceria yang penuh semangat tergambar dari raut wajah para pesera matsama. 


Kegiatan matsama di MTsN 2 Bukittinggi melibatkan berbagai lintas yaitu orang tua, guru, dan OSIM. OSIM dilibatkan sebagai kakak pendamping yang mengarahkan peserta selama kegiatan matsama. Selain itu, peserta juga dapat bertanya kepada kakak pendamping jika ada yang tidak diketahui, seperti dalam pemasangan dasi dan kerudung mudawarah. Hal ini merujuk kepada heterogennya peserta yang berasal dari berbagai sekolah, maka diberikan waktu khusus kepada peserta untuk belajar memasang dasi dan kerudung mudawarah. Kegiatan ini bertujuan agar adanya keseragaman dalam berpakaian dalam lingkungan madrasah.(Tim Humas MTsN 2 /Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial