Melalui Jamarah, Mahyudin Berharap terjadi Perbaikan Signifikan Pelayanan Haji dan Umrah

Bukittinggi, Humas--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terus melakukan persiapan dan evaluasi penyelenggaraan ibadah haji dan umrah melalui Jamarah (Jagong masalah umrah dan haji).

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin kegiatan jamarah salah satu bentuk sinergitas Kementerian Agama dengan Komisi VIII DPR RI. Jamarah yang digelar di Bukittinggi ini dihadir Anggota Komisi VIII, John Kennedy Aziz.

“Kementerian Agama terus melakukan upaya-upaya perbaikan dalam pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. Baik pelayanan di Embarkasi maupun di Tanah Suci. Karena Kemenag bukan hanya berkewajiban memberangkatkan tetapi sukses kepulangan,” ungkap Mahyudin.

Dikatakan Kakanwil, pemerintah melalui Kementerian Agama berkewajiban memberangkatkan jemaah yang sudah masuk dalam kuota dan memenuhi syarat untuk diberangkatkan.

Tak hanya ibadah haji, Kanwil Kemenag Sumbar juga melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan ibadah umrah yang diselenggarakan PPIU ( Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah).

“Kita terus melakukan pengawasan kepada biro travel yang memberangkatkan jemaah umrah ke tanah suci. Jangan sampai masyarakat mengalami masalah atau gagal berangkat karena kelalaian PPIU. Ini akan merugikan masyarakat,” kata Mahyudin, Rabu (6/11).

Untuk itu, Kakanwil berharap melalui kegiatan ini, permasalahan yang muncul dalam penyelenggaraan haji dan umrah bisa dideteksi sejak dini.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap terjadi perbaikan signifikan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji dan umrah”, harap Mahyudin.

Kakanwil juga mengajak semua pihak, secara bersama-sama bersinergi menyukseskan rangkaian kegiatan ibadah haji.

“Suksesnya pelaksanaan haji dan umrah adalah ketika jamaah mulai di berangkatkan sampai melaksanakan rangkaian ibadah berjalan dengan baik, lalu jamaah kembali ke Tanah Air menyandang predikat haji mabrur,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI, Jhon Kennedy Aziz meminta perekrutan petugas haji tahun 1445H/2024M ini dapat menghasilkan petugas yang handal dan berkualitas agar dapat memberikan maksimal kepada jemaah haji.

“Dalam seleksi petugas haji tahun depan diharapkan dapat menghasilkan petugas yang berkualitas dengan memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji,” tegas John Kennedy.

“Selain petugas yang handal, kami berharap kepada seluruh stekholder untuk bersama-sama mendukung mewujudkan jemaah haji mandiri. Sehingga jemaah merasa nyaman dan tenteram dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji,” sambungnya.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumba,  Ramza Husmen menyampaikan kegiatan jamarah ini diikuti 50 orang peserta dari berbagai unsur. Tujuannya untuk menyampaikan informasi dan memberi pemahaman terkait dinamika perhajian dan umrah kepada masyarakat.

“Kegiatan Jamarah bertujuan untuk memberikan informasi serta pemahaman kepada seluruh peserta terkait dinamika perhajian dan umrah di Indonesia khususnya di Sumatera Barat,” terangnya. Rinarisna


Editor: -
Fotografer: -