Mendarat Saat Terik Mentari, Panitia Siap Memayungi Jamaah Haji

Padang, Humas -- Adalah Jemaah Haji Kloter 13 (tiga belas) Debarkasi Padang tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang pada hari Senin, 8 Juli 2024 pukul 14:33 WIB saat matahari masih terik-teriknya dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300  ER nomor penerbangan GA3413 dari Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Azis Madinah pada pukul 10.56 WAS.

Menyikapi keadaan udara yang sangat panas saat jamaah turun tangga pesawat, dengan sigap PPIH Debarkasi Padang menyiapkan payung dan siap memayungi jamaah dari tangga pesawat hingga masuk ke dalam Bus, serta saat antrian menaiki bus pun deretan payung yang dipegang oleh PPIH Debarkasi Padang dan segenap Panitia Penyambutan jamaah tetap tersusun rapi demi agar jamaah haji tidak kepanasan.

Kloter 13 Padang sampai di BIM disambut oleh PPIH Debarkasi Padang yang diwakili oleh H. Zilwadi dan H. Hidayat, DS didampingi oleh Kakankemeng Kab. Padang Pariaman, Kota Pariaman serta Pemerintah Daerah. Hadir juga fungsional Pranata Humas dari Dirjen PHU Kementerian Agama RI, Boy Azhar.

Jumlah Jamaah Haji dan petugas Kloter 13 (tiga belas) Debarkasi Padang  yang kembali adalah 392 orang dengan rincian Kab. Padang Pariaman 227 orang, Kota Pariaman 105 orang, Kota Padang 51 orang, Kota Solok 2 orang, PHD 2 orang dan Petugas Kloter 5 orang.

Kondisi Jamaah Kloter 13 ini Jemaah Haji Lansia berjumlah 163 orang. Jamaah Haji PDG-13 mutasi keluar atas nama Mansyar Jaman bin Jaman, umur 82 tahun, asal Kota Padang, karena lansia mutasi ke kloter PDG-09 dan Jusmaini Binti Muhammad Juri, umur 85 tahun, asal Kota Pariaman, karena sakit. Sementara Jamaah Haji PDG-13 mutasi masuk atas nama Rosdiana  Jakfar, umur 83 tahun, asal Kab. Agam, kloter asal PDG-02.

Rombongan Jamaah Haji Kloter 13 Padang sampai di Asrama Haji Debarkasi Padang pukul 16.42 WIB. Jamaah langsung disambut dan dipandu panitia dan tim shalawat menuju aula utama asrama haji. Untuk selanjutnya mengikuti prosesi serah terima jamaah yang ditandai penyerahan Bendera dan Mikrofon dari ketua kloter dan pembimbing ibadah ke PPIH dan dari PPIH ke pemerintah daerah dilanjut penyerahan piagam penghargaan kepada petugas dari PPIH yang diserahkan Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Edison didampingi Kepala Bidang PHU H.Ramza Husmen.

Selanjutnya Jemaah haji kloter 13 naik Bus Menuju ke daerah masing-masing. Saat Jamaah haji bertolak ke kampung halaman diiringi lambaian tangan PPIH dan P3IH Debarkasi Padang.


Editor: YMA
Fotografer: Rhama