Menjelang Keberangkatan, Koper Jamaah Calon Haji Kloter 17 Diserahkan di Kantor Kemenag Tanah Datar

Batusangkar (Humas-Info) : Hari ini merupakan hari pengumpulan koper bagasi (koper besar) bagi semua jemaah calon haji Kloter 17 kabupaten Tanah Datar tahun haji 1445 H/ 2024 M. Jamaah Calon Haji Kloter 17 kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 36 orang telah mengumpulkan koper bagasi (koper besar) hari ini di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, Selasa (28/5).

Plt. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar Joni Roza mengungkapkan, semua Jamaah Calon Haji kloter 17 kabupaten Tanah Datar telah mengumpulkan koper bagasinya.

“Alhamdulillah Jamaah calon haji Kloter 17 Kabupaten Tanah Datar telah mengumpulkan koper bagasinya hari ini, sesuai jadwal 36 koper bagasi jamaah siap menuju ke Asrama Haji, Kata  Joni Roza.

Jamaah Calon Haji ini tidak hanya membawa koper bagasi tetapi juga koper kabin dan juga tas paspor, sehingga koper bagasi dikirim duluan agar memudahkan jamaah Calon Haji nantinya. Pengumpulan koper bagasi Plt.Kasi PHU terus mengingatkan terkait berat maksimal koper bagasi yang tidak boleh melebihi dari 32 kg. Serta tidak membawa barang-barang yang terbuat dari logam atau bahan sejenisnya dan barang-barang yang dilarang lainnya.

Setiap koper Jamaah Calon Haji selain diberikan tanda berupa tulisan nama Kabupaten Tanah Datar berserta logo, foto jemaah calon haji, data diri pada koper, kartu data diri diklem bersama koper, dan tanda berupa pita yang warnanya sama. Tidak hanya itu, setiap Jamaahpun memberikan tandanya masing-masing berupa tali petanda kopernya. Tanda yang dibuat pun beragam ada yang terbuat dari pita, tali, kain, gantungan boneka, mainan kunci, dan gantungan dari anyaman.

"Ini semua dilakukan untuk diberikan tanda agar terhindar dari tertukarnya koper antar jemaah, tercecer, dan mudah ditemukan nantinya jika tercecer. Selain tanda dan identitas dari kami mereka juga buat tandanya sendiri." Pungkas Joni Roza. (UH/AP)


Editor: Ulfa
Fotografer: Ulfa