Menuju Digitalisasi Madrasah, Kepala MTsN 2 Solok Ikuti Sosialisasi

Koto Baru, Humas - Kepala MTsN 2 Solok Erdinal, S.Ag bersama Kepala Madrasah Se-Sumatera Barat Mengikuti Sosialisasi Digitalisasi Madrasah, Selasa (30/1) di Pangeran Beach Hotels. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Hendri Pani Dias Kepala Bidang Pendidikan Madrasah menyampaikan pentingnya digitalisasi Madrasah.

 Pada Pembukaan Sosialisasi Digitalisasi Madrasah se Sumatera Barat kerjasama dengan CV Master Media sebagai upaya percepatan implementasi program digitalisasi di madrasah, hadir sebagai peserta 250 orang Kepala MTs Negeri dan Swasta se Sumatera Barat.

H. Hendri mengapresiasi atas kehadiran Kepala MTs se Sumatera Barat serta terimakasih atas kerjasama CV Master Media mensosialisasikan program Digitalisasi Madrasah. 

Kabid berharap Kepala Madrasah, Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, agar mengubah mindset, terus belajar dan mengembangkan kompetensi di era digital, serta merspon setiap perubahan.
"mari berperan aktif melaksanakan program prioritas Kementerian Agama, diantaranya transformasi digital, ini dengan dilaksanakan digitalisasi pada madrasah"ujarnya.

"Madrasah sebagai penyelenggara pendidikan dihadapkan mampu memanfaatkan aplikasi digital, sumber dan media pembelajaran berbasis IT serta menerapkan aplikasi digital dalam sistem penilaian, sebagai wujud Smart madrasah" papar H. Hendri. 

Lebih lanjut Hendri mengingatkan bahwa perangkat digital bukanlah tujuan, melainkan alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi, keutamaan aspek manusia menjadi penentu kebijakan, dan sebagai operator perangkat digital. 

"Kepala Madrasah harus memiliki Digital Minset, yaitu pola pikir untuk memaksimalkan teknologi digital, di mana manusia ikut serta menggunakan teknologi bukan hanya sekedar tahu teknologi tersebut. Digital Minset bukanlah kemampuan untuk berteknologi, tetapi sikap atau perilaku seseorang untuk memahami suatu peluang baru dari teknologi" tuturnya. 

Disisi lain menurut H.Afrizal Ketua Tim Kurikulum, penyelenggaraan madrasah digital ini bertujuan, meningkatkan mutu tata kelola pendidikan madrasah, mengefektifkan sumber daya yang dimiliki madrasah, seperti pemanfaatan teknologi dalam manajemen dan tata kelola madrasah, pemanfaatan jaringan internet dalam kegiatan pembelajaran, pengembangan modul dan konten kreatif untuk pembelajaran, pelaporan hasil belajar dan progres laporan terkomunikasikan dengan lebih cepat. 

Pada penyelenggaraan madrasah digital, madrasah perlu menyediakan infrastruktur dan sarana digital, Akses Internet, Perpustakaan digital (e-library), Kelas digital dan Laboratorium multimedia. 

Kepala MTsN 2 Solok Erdinal, S.Ag menyampaikan Kedepan kita harus merobah pola kita di Madrasah dari sistem manual ke sistem Digital dalam pengelolaan Madrasah, apalagi Digitalisasi madrasah merupakan program unggulan Kementerian Agama, Ujar Erdinal. Rahmat I Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Rahmat