Menuju Sukses ANBK, Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK di MTsN 3 Kota Padang Menyongsong Prestasi Siswa

Padang, Humas – MTsN 3 Kota Padang melaksanakan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari Senin-Selasa (11-12/09).

Kepala MTsN 3 Kota Padang Nurhidayati menjelaskan, ANBK dikembangkan dengan sistem aplikasi berbasis komputer di setiap satuan pendidikan. Sebagai evaluasi pemerintah guna memetakan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Juga memetakan input, proses, dan hasil dari sistem pendidikan, bukan evaluasi capaian siswa secara individu.

Melia, Waka Kurikulum melaporkan gladi bersih hari pertama berjalan dengan lancar, dan untuk tanggal 18-19 September Insya Allah setiap peserta sudah siap untuk melaksanakan kegiatan ANBK.

Sementara itu, Rivan Taufal proktor kegiatan, menjelaskan gladi bersih ANBK mengacu pada Prosedur Operasional Standar (POS) AN yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

“Kita menggunakan 1 (satu) server dengan 2 (sesi). Peserta ditentukan secara acak dari pusat berdasar data EMIS (Education Management Integration System),” ungkapnya.

Lanjut Rivan, gladi bersih ANBK di MTsN 3 Kota Padang menggunakan moda semi daring dimana koneksi internet dibutuhkan ketika sinkronisasi data beberapa waktu sebelum tes. Data masuk ke server komputer proktor terlebih dahulu, baru dikirim ke klien siswa.

“Jadi ketika pelaksananaan, siswa tidak terhubung dengan internet,” imbuhnya. (AA. Foto : MN)


Editor: -
Fotografer: -