MGMP Rumpun PAI Kota Padang Gelar Pertemuan di MAN 2 Padang

Padang, humas -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) Madrasah Aliyah Kota Padang menggelar pertemuan dengan anggota sekaligus silaturrahmi dengan pengawas madrasah bertempat di MAN 2 Padang, Jum'at (08/09/2023).

Hadir dalam pertemuan itu, pengawas madrasah jenjang MA Kota Padang, diantaranya, Syafrullah, Defi Dasmal dan Marlis. Juga nampak para pengurus dan anggota MGMP Fiqih, Akidah Akhlak, SKI dan Al-Qur'an Hadis.

Ketua MGMP Rumpun PAI Kota Padang, Al Anshari mengatakan bahwa pertemuan digelar dalam rangka menyamakan persepsi tentang pelaksanaan jadwal dan kegiatan MGMP.

"Selama ini, kegiatan MGMP Rumpun PAI Kota Padang tidak jalan. Adanya Covid menjadi menyebabkan terhentinya seluruh kegiatan. Pasca Covid, hingga saat ini, tak satupun juga kegiatan MGMP terlaksana," kata Al Anshari.

Sekaitan dengan hal itu, Al Anshari berkeinginan kegiatan MGMP rumpun PAI Kemenag Kota Padang bisa digelar kembali sebagai upaya peningkatan kompetensi pembelajaran para guru di madrasah.

"Jadi kita musyawarah dan tetapkan kembali, kapan hari dan jadwal untuk pelaksanaan MGMP Rumpun PAI Kota Padang, sehingga masing-masing madrasah bisa menyesuaikan untuk menyusul jadwal mengajar," pinta Al Anshari.

Sementara itu, pengawas madrasah, Syafrullah menekankan akan pentingnya MGMP bagi seorang guru. Menurutnya, MGMP akan memperluas pengetahuan guru tentang materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan pembelajaran, hingga metode pembelajaran.

Bahkan katanya, berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan pemerintah, seorang guru wajib mengikuti MGMP. MGMP dianggap paling efektif bagi guru untuk membantu koleganya atau anggotanya dalam melaksanakan pembelajaran.

"Mari laksanakan MGMP kembali serta susun jadwal dengan memperhatikan masukan dan saran dari anggota. Kami pengawas insyaallah akan berusaha untuk hadir setiap pelaksanaan MGMP," ujar Syafrullah.

Pertemuan yang dimulai pukul 14.30 hingga 16.10 WIB menghasil berberapa kesepakatan diantaranya, pertama, MGMP akan tetap dilaksanakan kembali dengan dikoordinir oleh MGMP Rumpun PAI. Kedua, waktu pelaksanaan akan dilakukan satu kali dalam 2 pekan pada hari Jum'at, jam 09.00 WIB. ArulDp 


Editor: -
Fotografer: -