MIN 1 Kota Pariaman Menggelar Karya P5P2RA

MIN 1 Kota Pariaman_Humas, MIN 1 Kota Pariaman  melaksanakan Gelar karya P5P2RA ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin) sebagai penutup tahun Pelajaran 2023/2024.  Gelar Karya P5P2RA merupakan  puncak kegiatan dari rangkaian kegiatan  Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan di MIN 1 Kota Pariaman pada tahun Pelajaran 2023/2024 ini pada kelas I dan IV. 

Gelar karya dilaksanakan pada  Kamis  20 Juni 2024 bertepatan dengan pembagian rapor semester genap tahun Pelajaran 2023/2024.. Dalam Sambutan  membuka Gelar Karya P5P2RA, Kepala MIN 1 Kota Pariaman,  Nur Eliwati,  menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras hingga pelaksanaan kegiatan Gelar Karya  dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan kearifan lokal dapat berjalan lancar . Kepala Madrasah juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua Siswa kelas I dan IV yang telah mengikuti dengan baik pembelajaran proyek P5P2RA hingga saat Gelar Karya. Dengan diselenggarakannya acara pagelaran P5P2RA di MIN 1 Kota Pariaman tahun ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk mengembangkan dan mengeskplor bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa.

Lebih jauh Nur Eliwati menyampaikan rasa terimakasih yang besar kepada seluruh orang  tua/ wali murid yang telah mempercayakan Pendidikan anak-anaknya di MIN 1 Kota pariaman dan mendukung semua kegiatan yang diselenggarakan oleh Madrasah termasuk gelar karya P5P2RA. 

Selanjutnya Ketua Tim Fasilitator P5P2RA MIN 1 kota Pariaman, Ade Anggraini, menyampaikan bahwa ada 2 projek yang dilaksanakan dikelas I dan IV pada tahun Pelajaran 2023/2024 ini. Tema yang diangkat pada projek pertama adalah  gaya hidup berkelanjutan dengan topik  aku pintar memilah sampah untuk kelas I dan ubah sampah plastik jadi estetik untuk kelas IV. Tema ini dipilih dengan tujuan  membiasakan peserta didik untuk bisa lebih bijak dalam menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, Memilah sampah sesuai dengan jenis sampah serta mampu mengolahnya menjadi kerajinan tangan.

Pada projek kedua tema yang diangkat adalah kearifan lokal dengan topik aku cinta jajanan tradisional untuk kelas I dan kesenian tradisonal minang kabau, ini seniku mana senimu untuk kelas IV. Tema kearifan lokal ini dipilih dengan tujuan untuk menguatkan Profil Pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional dan kesenian daerah Minangkabau. 

Kegiatan gelar karya ini berlangsung  begitu meriah dengan memamerkan hasil karya siswa dan serta berbagai penampilan antara lain tari P5, tari Piring dan Tari Indang. Selain itu ada stand hasil karya siswa dari semua kelas yang dikunjungi pula oleh wali murid pada saat pengambilan raport serta majelis guru dan karyawan MIN 1 Kota Pariaman. (Ade/AtiR)


Editor: AtiR
Fotografer: Ade