Momentum Hari Kebangkitan Nasional Ke-116, Kemenag Serahkan Sertifikasi Halal  Bagi 18 Pelaku Usaha Di MTsN 1 Bukittinggi 

Bukittinggi, Humas--MTs N 1 Bukittinggi laksanakan upacara bendera  dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116, Pada tahun ini, “Bangkit Untuk Indonesia Emas” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang mendeskripsikan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik. 

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 dilaksanakan di lapangan upacara  bendera/aula Tebuka MTsN 1 Bukittinggi pada senin (20/05/2024). yang diikuti oleh seluruh GTK dan siswa MTsN 1 Bukittinggi.

Bertindak sebgai pembina upacara Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Zulfikar sekaligus menyampaikan pidato sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi RI dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024. dalam pidato tersebut disinggung awal bangkitnya bangsa indonesia itu yang ditandai lahirnya organisasi Budi Utomo 20 Mei 1908 untuk bersatu mencapai kemerdekaan dan kesetaraan dengan bangsa lain di dunia.

H. Zulfikar juga memaparkan kebangkitan di kedua di era mengisi kemerdekaan menjadi masyarakat Indonesia  yang bertumbuh dan maju secara keilmuan dan teknologi di era digital menuju indonesia emas 2045.

Usai pelaksana upacara bendera Hari Kebangkitan Nasional di MTsN 1, H. Zulfikar  menyerahkan sertifikat halal bagi 18 pelaku usaha yang mendukung usaha kantin "Berkah" MtsN 1 Bukittinggi telah diterbitkan sertifikasi halal untuk 48 jenis produk makanan dan minuman yang dijual pada kantin "Berkah" MTsN 1 Bukittinggi. 

Penyerahkan sertifikat Halal tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal akan diterapkan dan wajib sertifikasi halal untuk tiga jenis produk, salah satunya makan dan minuman.

Untuk mendukung hal tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 untuk 1 juta kuota bagi pelaku usaha mikro kecil (UMK). (Fakhrul/Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial