MTsN 1 Solok Jadi Tuan Rumah Gerakkan Aksi Bergizi Di Sekolah

Koto Baru, Humas - MTsN 1 Solok merupakan salah satu madrasah terpilih oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dan Puskesmas IX Koto Sungai Lasi untuk melaksanakan Gerakkan Aksi Bergizi di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan agar para siswa membiasakan hidup dengan pola hidup sehat, baik, dan bergizi. Kamis,(07/03).

Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh kepala MTsN 1 Solok, Majelis Guru dan Karyawan/ti, serta para siswa.

Dalam sambutan Kepala MTsN 1 Solok, H. Marjusan, MM mengajak para siswa, “Makanlah makanan yang halal dan baik dan janganlah ikuti langkah-langkah syetan!,”ucapnya.

H. Marjusan mengulas dan menguraikan kembali surat Albaqarah ayat: 168 sampai dengan ayat 170 yang dibacakan oleh tilawah Amanda Oktaviani dan saritilawah Aura Zafina dari kelas VII.B.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-03-07 at 17.24.29.jpeg

Kepala Puskesmas IX Koto Sungai Lasi, NS. Yosdedrison, S.Kep, M.Kep mengajak para siswa, “Jangan kecewakan bangsa dan negara, serta orang tua kalian. Gapailah cita-cita setinggi-tinggi mungkin. Mulailah persiapkan diri dari sekarang dengan memperhatikan isi piring,”pintanya.

Yosdedrison juga menyampaikan bahwa isi piring itu terbagi atas tiga bagian, yaitu 1/3 nasi dan lauk, 1/3 sayur, dan 1/3 buah-buahan.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-03-07 at 17.24.29 (1).jpeg

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok yang diwakili oleh Sub. Koordinator Promkes dan PM Dinas Kesehatan Kab. Solok, Ns. Hetty Fitriyah, S.Kep.

Sebelum acara dibuka, Hetty Fitriyah memberikan yel-yel terlebih dahulu dengan suara yang lantang dan bersemangat, “Semangat pagi!” dijawab oleh para siswa tidak kalah bersemangat pula, “Pagi, pagi, pagi. Luar biasa!” dan dilanjutkan dengan menyampaikan bahwa latar belakang gerakkan aksi bergizi di sekolah ini merupakan salah satu gerakan persiapan kepada para siswa untuk menghadapi masa mendatang dengan perubahan usia anak-anak ke masa remaja karena mereka adalah aset negara. Oleh karena itu, dipersiapkan mulai dari sekarang.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-03-07 at 17.19.45 (1).jpeg

Fungsi aksi ini agar para siswa perempuan terbiasa makan tablet tambah darah satu kali satu minggu. Dan diminum dengan air putih. Para siswa agar membiasakan berolah raga setiap harinya, seperti senam, basket, voli, atau lainnya.

Selain itu, diharapkan kepada siswa agar makan dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Gerakkan ini diisi dengan kegiatan senam, sarapan, dan makan buah-buahan bersama.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala KUA Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Baitudin, S. Ag yang sekaligus membacakan doa pada kegiatan ini agar kegiatan ini dirahmati dan dinilai ibadah oleh Allah SWT.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-03-07 at 17.19.45.jpeg

Kegiatan ditutup dengan yel-yel: “Siapa kita? MTsN 1 Solok. Remaja sehat! Ya. Ya itu saya. Cegah stunting! Itu perlu. Makan, makan bergizi! Bikin glowing.”

Gerakkan aksi bergizi di sekolah merupakan pembelajaran berkarakter agar para siswa berprilaku hidup baik dan sehat dengan menjaga makanan yang dikonsumsi setiap harinya. EKA|N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: EFA