MTsN 6 Solok Gandeng Puskesmas, Polsek dan Balai Penyuluhan KB Hiliran Gumanti Dalam Penjaringan Kesehatan

Koto Baru, Humas - MTsN 6 Solok kembali menunjukkan komitmennya dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan siswa dengan mengikuti kegiatan penjaringan kesehatan dan penyuluhan penting bagi siswa-siswinya. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Puskesmas Talang Babungo, Polsek Hiliran Gumanti, dan Balai Penyuluhan KB Kecamatan Hiliran Gumanti. Jum’at, (30 /08).

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan yang melibatkan 129 siswa kelas 7 MTsN 6 Solok. Para siswa menjalani pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan kondisi gigi, mulut, serta telinga. Penjaringan kesehatan ini dilakukan oleh tim medis dari Puskesmas Talang Babungo untuk memastikan para siswa memiliki kondisi kesehatan yang optimal dalam menjalani kegiatan belajar mengajar.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-31 at 13.46.39 (1).jpeg

Setelah pemeriksaan kesehatan, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan yang disampaikan oleh Brigadir Angga Satria dari Polsek Hiliran Gumanti. Penyuluhan ini juga diikuti oleh siswa kelas VIII dan IX serta didampingi oleh para guru MTsN 6 Solok. Dalam sesi ini, Brigadir Angga memberikan pemahaman mendalam tentang bahaya narkoba dan psikotropika, serta dampak dan ancaman hukumnya.

“Penyuluhan ini sangat penting mengingat ancaman narkoba yang kian meningkat di kalangan remaja.”ucapnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-31 at 13.46.40.jpeg

Berikutnya, Rahmat dari Balai Penyuluhan KB Kecamatan Hiliran Gumanti memberikan penyuluhan mengenai risiko pernikahan anak dan dampak buruk dari makanan dan minuman tinggi gula bagi kesehatan remaja. Materi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan sejak dini dan membuat keputusan yang bijak terkait gaya hidup.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN 6 Solok, Ramdanus, S.Pd., M.Pd.E., mewakili pihak madrasah, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Puskesmas, Polsek, dan Balai Penyuluhan KB atas kerjasama yang telah terjalin.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-08-31 at 13.46.39.jpeg

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa, tidak hanya dalam hal kesehatan fisik tetapi juga dalam memberikan pengetahuan yang dapat melindungi mereka dari berbagai ancaman yang mungkin dihadapi di masa depan,” ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 30 Agustus 2024, dan berjalan dengan lancar. Diharapkan, dengan adanya kegiatan seperti ini, para siswa MTsN 6 Solok dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan menjadi generasi yang cerdas dan sehat. Nia|N.DY

 


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Kurnia S Nadra