Siswa MTsN 6 Solok Ikuti Manasik Haji Di Mekah Mini Kota Padang

Koto Baru, Humas - Sebanyak 134 Siswa Kelas VIII MTsN 6 Solok mengikuti program manasik haji yang dilaksanakan di Mekkah Mini Lubuk Minturun Kota Padang. Senin (26/02).

Manasik haji dan umroh merupakan salah satu kegiatan diikuti siswa kelas VIII MTsN 6 Solok. Kegiatan ini merupakan pelajaran fikih di luar ruangan. Manasik adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji dan umroh yang sesuai dengan rukun-rukunnya.

Rombongan berangkat dari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti usai salat subuh.  Guru mata pelajaran Fiqih Zulhijra Yenti, S.Pd.I menyatakan “bahwa program ini sudah direncanakan dari tahun-tahun sebelumnya. Namun baru dapat terwujud pada tahun ini. Diharapkan siswa kelas VIII ini dapat mengaplikasikan tata cara haji yang telah mereka pelajari di madrasah,”Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah MTsN 6 Solok, Rusmaida, S.Ag, M.Pd yang juga menghadiri kegiatan tersebut mengatakan semoga kegiatan ini tetap berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Hal ini melihat antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan manasik haji ini.

Kepala Madrasah juga mengatakan kegiatan manasik ini adalah awal anak-anak melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun islam yang ke 5 dan kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa kelak untuk melaksanakan ibadah haji serta mengadaptasikan teori dengan praktik dan membentuk jiwa yang islami.

“Hikmah di balik pelaksanaan haji dan umroh, adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dan mengukuhkan tali persaudaraan sesama umat Islam," imbuh Rusmaida.

Dihubungi terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli, S.Ag, MM mengapresiasi program dan upaya MTsN 6 Solok untuk mendekatkan anak dengan agama.

"Semoga ananda semua nantinya jadi anak soleh dan soleha serta berkesempatan hadir di Baitullah dan merasakan sakralnya beribadah di tanah suci, harapan yang sama untuk guru MTsN 6 Solok yang hadir menyukseskan manasik hari ini," ucap Kakankemenag.

Kakankemenag mengatakan empat pesan berjudul empat mutiara untuk siswa, yakni Ilmu Pengetahuan, Iman, Ibadah dan Akhlak.

"Keempat mutiara ini akan menjadi bekal bagi seorang anak untuk mengarungi kehidupan ditengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, dan apabila tidak diiringi dengan iman dan ilmu yang dibarengi dengan ibadah dan akhlak yang baik maka akan menjadi hancur,"ujar Kakankemenag.

Untuk itu terimakasih kepada MTsN 6 Solok yang sudah meletakan sadar agama dan iman untuk membentuk akhlak agar pengamalan ilmu tidak salah.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa memakai pakaian ibadah haji dan umroh, disana mereka menjalankan manasik ibadah haji dan umrah secara runtut. Pelaksanaan miqat juga disesuaikan dan diajarkan dengan baik. Kegiatan tersebut didampingi oleh mutawif Ustadz Yuli Syafrizal, S.pd.I. Nia|N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: NIA