MTsN 7 Padang Pariaman Pertajam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Padang Pariaman, Humas -- Tingkatkan efektifitas dalam pembelajaran, tenaga pendidik MTsN 7 Padang Pariaman dapatkan pendampingan pembelajaran berdiferensiasi, Selasa (23/07/2024).

Dihadiri Kepala MTsN 7 Padang Pariaman, Ali Wardana, sebanyak 25 tenaga pendidik menerima pendampingan dari Pengawas Madrasah, Dr. Rasman. Pendampingan dilakukan dalam mempertajam persiapan asesmen awal pembelajaran berdiferensiasi di MTsN 7 Padang Pariaman. 

"Pada awal pembelajaran, siswa harus dikelompokkan berdasarkan gaya belajarnya yang meliputi audio, visual, atau audio visual. Tentunya melalui hasil tes dengan menggunakan instrumen gaya belajar terhadap siswa tersebut," kata Dr. Rasman.

"Pembelajaran berdiferensiasi ini, menjadikan guru dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran setiap individu siswa di dalam kelas. Setiap peserta didik akan menerima materi belajar sesuai dengan pemahaman dan gaya belajarnya yang diketahui setelah asesmen awal," tukasnya.

Pendampingan ini tidak hanya dilaksanakan satu arah. Selain mendengarkan materi, peserta didik juga disuguhkan dengan diskusi dan tanya jawab. Hal ini untuk lebih mempertajam penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang telah digelar MTsN 7 Padang Pariaman setahun terakhir.

"Peserta didik MTsN 7 Padang Pariaman merasakan banyak manfaat atas pendampingan sekaligus bimbingan yang diberikan. Kita berharap melalui pendampingan ini, dapat mempertajam penerapan pembelajaran berdiferensiasi," ungkap Ali Wardana.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, menyambut baik kegiatan yang digelar MTsN. 7 Padang Pariaman.

"Ini merupakan kinerja dari Pengawas Madrasah. Bagaimana seorang pengawas dapat mengasah sekolah binaannya. Kita berharap dengan kegiatan ini, tenaga pendidik MTsN 7 Padang Pariaman dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi," tutur H. Syafrizal. (Nova)​​