MTsN Kota Solok Gelar Upacara Khidmat, Tekankan Implementasi Nilai Pancasila

Kota Solok, Humas – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, MTsN Kota Solok menggelar upacara bendera yang khidmat. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila pada generasi muda, Selasa (01/10/24)

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Marta Rinalson. Upacara diikuti oleh seluruh siswa, guru, staf TU, perwakilan OSIS, dan beberapa guru senior. Untuk menunjukkan rasa hormat terhadap nilai-nilai kebangsaan, seluruh peserta mengenakan pakaian seragam. Upacara diawali dengan pembacaan Pancasila, dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan UUD 1945, dan diakhiri dengan pembacaan Ikrar.

"Hari ini kita tidak hanya memperingati peristiwa bersejarah, tetapi juga merefleksikan makna Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Marta Rinalson dalam bincang-bicang setelah upacara.

Beliau menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk menjadi generasi penerus yang berkarakter Pancasila, mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghadapi tantangan zaman dengan bijaksana.

Salah seorang siswa, Aliya Ramadhani, kelas 8.1 mengungkapkan, "Pancasila mengajarkan kita untuk saling menghormati, menghargai perbedaan, dan hidup rukun. Saya akan berusaha untuk menjadi contoh yang baik bagi teman-teman dengan selalu berbuat baik dan menjaga persatuan,” ucapnya

Acara ditutup dengan doa bersama, memohon agar bangsa Indonesia senantiasa diberikan kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di bawah naungan Pancasila. (helda/nvl)

 


Editor: Risna
Fotografer: helda/nvl